Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Bus Usir Penumpangnya karena Tak Beri Jalan bagi Disabilitas

Kompas.com - 02/11/2018, 14:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Seorang sopir bus di Paris, Perancis, menuai pujian ketika memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas yang hendak naik.

The Independent memberitakan Kamis (1/11/2018), sopir yang tak disebutkan identitasnya itu mengusir seluruh penumpangnya karena menutup jalan si penyandang disabilitas itu.

Baca juga: Hargai Sesama, Jauhkan 5 Sikap Ini pada Penyandang Disabilitas

Francois Le Berre yang duduk di kursi roda hendak naik bus di distrik 17. Namun, para penumpang yang berada di dalam tak beranjak dan memberikan jalan.

Dalam kicauan di akun Twitter Accessible Pour Tous (Akses bagi Semua), sopir itu langsung meminta semua penumpangnya untuk keluar.

"Hentikan semua ini! Kalian keluar sekarang juga!" kata sopir itu yang kemudian memersilakan Le Berre masuk, dan meminta calon penumpang lain menunggu dahhulu.

Kicauan tersebut dibagikan lebih dari 5.000 kali dan disukai 12.000 kali. Salah satu netizen memuji sopir itu, dan mengecam penumpangnya.

Kepada Huffington Post, Le Berre yang dilaporkan menderita sclerosis itu menuturkan tidak ada penumpang yang bersedia bergeser meski bus itu menyediakan turunan bagi disabilitas.

"Ketika dia melihatnya, si sopir langsung turut campur dengan meminta semua penumpangnya untuk keluar dari bus," terang Le Berre.

Para penumpang yang keget melaksanakannya. Beberapa di antara mereka ada yang menggerutu dan bersungut-sungut sembari keluar.

Le Berre masih mengingat sebuah kalimat yang diucapkan si sopir bus itu kepada penumpangnya. "Semua orang bakal butuh kursi roda suatu hari nanti.

Baca juga: Tinjau Fasilitas Difabel, Kenapa Jokowi Tak Ajak Penyandang Disabilitas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com