Kompas.com - 01/11/2018, 18:55 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro menyampaikan niatnya memindahkan kantor kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Jika terlaksana maka Brasil akan menjadi negara besar kedua yang membuka kedubesnya untuk Israel di Yerusalem, setelah AS.

Pernyataan Bolsonaro muncul dalam wawancara dengan surat kabar Israel Hayom, yang mengungkit janji Bolsonaro selama masa kampanye.

Menurutnya, Israel harus memutuskan sendiri di mana ibu kotanya berada dan bukan oleh negara lain.

"Ketika saya ditanya selama kampanye apakah saya akan melakukannya (memindahkan kedubes) saat saya menjadi presiden, saya menjawab ya," ujar Bolsonaro kepada surat kabar Israel Hayom yang diterbitkan Kamis (1/11/2018).

Baca juga: Jair Bolsonaro, Kandidat Sayap Kanan yang Menangi Pilpres Brasil

"Yang berhak memutuskan ibu kota negara Israel adalah Israel sendiri, bukan negara lain," tambah dia, seperti dilansir AFP.

Israel telah menganggap seluruh wilayah Yerusalem sebagai ibu kotanya, sementara Palestina melihat wilayah timur Yerusalem sebagai ibu kota masa depan mereka.

Konsensus internasional telah menyebut status kota Yerusalem harus dinegosiasikan bersama antara kedua negara.

Israel menduduki Yerusalem timur dalam Perang Enam Hari yang pecah pada 1967, sebuah tindakan yang pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Pemerintahan Donald Trump pada Desember lalu telah mengeluarkan keputusan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan resmi memindahkan kedubesnya pada 14 Mei lalu.

Langkah AS telah diikuti oleh Guatemala dan Paraguay. Namun Paraguay bulan lalu mengumumkan akan mengembalikan kedutaannya ke Tel Aviv.

Baca juga: Sikap Pesimis Warnai Kemenangan Jair Bolsonaro di Pilpres Brasil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.