Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fakta "Black Box", Benda Paling Dicari Saat Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 01/11/2018, 06:02 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.comBlack box atau kotak hitam menjadi bagian dari sebuah pesawat terbang yang paling dicari keberadaannya saat sebuah pesawat mengalami kecelakaan.

Bukan tanpa alasan, kotak inilah yang akan menjadi jawaban atas segala pertanyaan tim investigasi saat mencari tahu penyebab terjadinya kecelakaan.

Dengan alat ini, informasi dapat dikumpulkan dengan lebih mudah. Black box banyak digunakan untuk membantu analisis penyebab kecelakaan.

Dilansir dari ABC, terdapat 8 fakta tentang black box yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Tidak berwarna hitam

Foto yang dirilis oleh Kodam XVII/ Cendrawasih, 18 Agustus 2015, memperlihatkan seorang tentara menyelamatkan kotak hitam atau flight data recorder di antara puing pecahan pesawat Trigana Air ATR 42-300 yang jatuh di kawasan pegunungan di Oksibil, Papua.AFP PHOTO / KODAM XVII CENDRAWASIH Foto yang dirilis oleh Kodam XVII/ Cendrawasih, 18 Agustus 2015, memperlihatkan seorang tentara menyelamatkan kotak hitam atau flight data recorder di antara puing pecahan pesawat Trigana Air ATR 42-300 yang jatuh di kawasan pegunungan di Oksibil, Papua.

Kotak penting ini memang disebut sebagai black box atau berarti kotak hitam. Tidak seperti namanya, kotak ini sesungguhnya berwarna oranye menyala.

Warna oranye dipilih untuk memudahkan pencarian saat pesawat hancur  atau rusak di sebuah kecelakaan.

Warna yang mencolok akan memudahkan para pencari untuk menemukannya di antara reruntuhan badan pesawat.

Baca juga: Pakaian dan Majalah Ditemukan di Lokasi Sinyal Kotak Hitam Lion Air Terlacak

2. Terdiri dari dua bagian

Black box terdiri dari dua bagian penting, yakni rekaman data penerbangan atau flight data recorder (FDR) dan rekaman suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR).

FDR berisi rekaman kecepatan pesawat, ketinggian, percepatan vertikal, dan aliran bahan bakar. Sementara CVR berisi rekaman percakapan yang terjadi di kokpit antara pilot dan kopilot.

Black box wajib ada di setiap penerbangan, baik pesawat komersial, bisnis, maupun militer.

Biasanya black box disimpan di bagian ekor pesawat. Bagian ini dinilai paling aman jika sebuah kecelakaan pesawat terjadi.

3. Diciptakan orang Australia

Dr. David Warren, penemu black box asal Australia.Wikipedia/ Common User Dr. David Warren, penemu black box asal Australia.

Black box diciptakan oleh seorang ahli dari Australia bernama Dr David Warren. Adapun Warren membuat black box karena memiliki cerita masa lalu tersendiri.

Ayahnya meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat Bass Strait pada 1934 saat dirinya berusia 9 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com