Kompas.com - 31/10/2018, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Freddie Mercury dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman. Namun namanya paling lekat dengan grup band Queen, yang membawakan lagu Bohemian Rhapsody.

Freddie Mercury atau yang bernama asli Farrokh Bulsara, lahir pada 5 September 1946 di Zanzibar, yang saat itu masih di bawah pemerintahan Inggris.

Kedua orangtuanya, Bomi dan Jer Bulsara adalah orang Parsi dari Gujarat, India. Sang ayah bekerja di kantor pemerintahan Inggris di Zanzibar.

Freddie kecil dikirim orangtuanya bersekolah di India. Di usia tujuh tahun, dia mulai belajar memainkan piano. Pada 1958, saat berusia 12 tahun dia membentuk band The Hectics dengan teman-teman sekolahnya.

Saat terjadinya revolusi di Zanzibar yang ingin menjadi bagian dari negara Tanzania yang merdeka pada 1964, orangtuanya mengajak Freddie dan adik perempuannya, Kashmira, pindah ke Inggris.

Di Inggris, Freddie melanjutkan pendidikannya dengan mengambil jurusan seni grafis dan desain di Ealing Art College dan meraih gelar sarjana pada 1969.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Jimi Hendrix, Sang Gitaris Legendaris

Kegemarannya akan dunia musik membuat Freddie muda bergabung dengan sejumlah grup band seperti Ibex dan Sour Milk Sea.

Terbentuknya Queen

Pada April 1970, Freddie bertemu dengan Brian May dan Roger Taylor, gitaris dan drumer grup band Smile. Setahun berselang, John Deacon bergabung sebagai bassis dan mereka pun membentuk grup band baru yang diberi nama Queen.

Sebagai lulusan sekolah seni rupa, Freddie juga yang mendesain logo dari grup band Queen. Pada masa itu pula, Freddie mengganti namanya dari Farrokh Bulsara menjadi Freddie Mercury.

Bersama Queen, Freddie memulai debut rekaman dan merilis album perdana pada 1973, yang diberi tajuk sama dengan nama band mereka.

Setahun berselang, Queen II rilis, dilanjutkan dengan Sheer Heart Attack pada 1974. Ketiga album pertama tersebut dianggap belum berhasil meraih perhatian penikmat musik di Inggris maupun AS.

Namun juga tidak bisa dikatakan gagal karena single Killer Queen yang ada di album ketiga mereka mampu bertengger di peringkat dua tangga lagu Inggris dan peringkat 12 tangga lagu AS.

Freddie Mercury dan grup band Queen mulai menjadi fenomena musik dunia setelah merilis album keempat mereka, Night at the Opera pada 1975.

Dalam album tersebut terdapat single berjudul Bohemian Rhapsody, sebuah lagu rock operet yang sebagian besar ditulis oleh Freddie dan berdurasi hingga lima menit 55 detik.

Durasi lagu yang panjang tersebut sempat dianggap terlalu berisiko, namun pada kenyataannya justru mampu memuncaki tangga lagu di Inggris dan masuk 10 besar di AS.

Dalam Bohemian Rhapsody, Freddie menunjukkan kemampuan vokalnya yang luar biasa. Freddie dikenal sebagai salah satu penyanyi yang memiliki rentang vokal empat oktaf.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: John Lennon, Musisi dan Pendiri The Beatles

Tak hanya sebagai vokalis, Freddie juga banyak berperan dalam menulis lagu-lagu hits dari Queen. Selain Bohemian Rhapshody, Freddie juga menulis tembang sukses Queen lainnya, seperti Seven Seas of Rhye, Somebody to Love, Good Old-Fashioned Lover Boy, Bicycle Race, Don't Stop Me Now dan We Are the Champions.

Selain bakatnya menyanyi dan menulis lagu, Freddie juga seorang performer yang terampil dan mampu menghibur penonton. Tak jarang dia tampil di panggung dengan mengenakan kostum ketat dan mencolok.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.