Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Oktober 1913, Lincoln Highway Resmi Jadi Jalan Raya Pertama di AS

Kompas.com - 31/10/2018, 11:35 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembangunan sebuah jalan raya sebagai akses transportasi dilakukan melalui berbagai tahapan. Pihak pembuat akses jalan biasanya harus membuka wilayah hingga mengalihkan berbagai tumbuhan serta hambatan lain yang harus disingkirkan.

Selain untuk menunjang transportasi, akses jalan raya bisa mempecepat laju ekonomi antarwilayah. Oleh sebab itu, akses jalan sangat penting bagi peningkatan kegiatan ekonomi.

Hari ini 105 tahun yang lalu, tepatnya pada 31 Oktober 1913 jalan raya pertama yang melintasi Amerika Serikat diresmikan.

Peresmian ini selanjutnya akan mempermudah transportasi di wilayah AS dan sekitarnya.

Jalan yang diberi nama Lincoln Highway ini membentang dari San Francisco di California yang berada di pesisir barat AS, hingga ke New Yok yang berada di pesisir timur. Jaraknya kurang lebih sejauh 5.454 kilometer.

Rencana awal

Pembangunan jalan lintas negara ini diadaptasi oleh inisiatif dari sekelompok orang yang menginginkan pembangunan jalan untuk meningkatkan akses tansportasi di AS.

Mereka melihat jalur kereta api mendominasi transportasi antar-negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu, akses jalan raya saat itu hanya untuk kepentingan wilayah lokal saja.

Sebelumnya juga belum ada inisiatif dari berbagai pihak untuk mengembangkan jalan ini. Walaupun sebenarnya, berbagai wilayah di Amerika Serikat sudah mempunyai akses jalan.

Seorang bernama Carl Fisher akhirnya mengajukan rancangan untuk pembangunan jalan raya ini. Fisher mempunyai keinginan untuk bisa menghubungkan berbagai wilayah kota.

Akhirnya, Fisher melakukan pendekatan ke berbagai industri mobil untuk mencari dukungan dan pendanaan untuk mewujudkan mimpinya.

Awal dari kerja keras itu akhirnya terealisasi, yang membuat banyak produsen mobil asal AS bergabung dalam Lincoln Highway Association (LHA) untuk membahas megaproyek ini.

Mereka menyadari, tanpa adanya berbagai pendanaan dari berbagai wilayah tak mungkin bisa membangun jalan yang melintasi wilayah AS. Pendekatan ke berbagai wilayah mulai dilakukan.

LHA juga melakukan kampanye-kampanye untuk bisa menarik perhatian agar megaproyek ini bisa terealisasi dengan baik dan lancar.

LHA melakukan identifikasi berbagai rute di wilayah Amerika Serikat. Mereka mengukur dan melihat kondisi wilayah yang akan dibangun tersebut.

Rute ini ditentukan oleh berbagai faktor, seperti kebutuhan pihak antar kota-kota besar dan komunitas pendukung lainnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com