Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Peringatkan Warganya di Kanada agar Tak Pakai Ganja

Kompas.com - 29/10/2018, 18:06 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TORONTO, KOMPAS.com - Diplomat China di Kanada merilis surat terbuka bagi warganya di Kanada agar tidak ikut euforia legalisasi ganja untuk tujuan rekreasional.

Surat tersebut diunggah di situs resmi Konsulat China di Kanada, disertai penjelasan ahli hukum apa artinya legalisasi ganja di Kanada.

Baca juga: Meski Legal, Korea Selatan Larang Warganya di Kanada Konsumsi Ganja

"Dalam rangka melindungi mental maupun fisik kalian, kami mengimbau agar warga China menghindari kontak langsung dengan ganja," demikian penggalan surat itu dikutip SCMP Senin (29/10/2018).

Surat itu memaparkan setiap ketentuan kapan penggunaan ganja di Kanada menjadi legal, dan mengingatkan agar tak memberikannya kepada warga di bawah 18 tahun atau membawanya keluar.

Kepemilikan, pemakaian, maupun penanaman ganja merupakan perbuatan melanggar hukum di Negeri "Panda", dan meminta warganya tak membawa ganja dari Kanada.

Surat itu mengingatkan jika ada warga yang melakukan pelanggaran hukum dan mendapat hukuman, maka dia bakal langsung dideportasi.

Pengesahan itu menuai respon beragam. Sebagian generasi muda China yang tinggal di Kanada memuji keputusan yang diteken pertengahan Oktober itu.

Sementara sebagian lainnya menyuarakan keprihatinan akan bahaya ganja. "Bayangkan berapa banyak warga China yang hidupnya bakal hancur," kata salah satu netizen.

Pekan lalu, Korea Selatan (Korsel) juga meminta warganya tak terpengaruh legalisasi, dan mengancam bakal menangkap jika ada yang kedapatan mengonsumsi saat mereka pulang.

Seperti diketahui, Kanada merupakan negara kedua di dunia setelah Uruguay yang mengizinkan konsumsi ganja untuk tujuan bersenang-senang.

Secara total, Badan Statistik Kanada menyebut ada 5,4 juta orang yang membeli ganja dari apotek legal sepanjang 2018.

Legalisasi ganja merupakan pemenuhan janji kampanye Perdana Menteri Justin Trudeau yang dibuat saat pemilihan pada 2015.

Baca juga: Meksiko Pertimbangkan Ikuti Jejak Kanada untuk Melegalkan Ganja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com