Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Muslim AS Galang Dana untuk Korban Penembakan di Sinagoge

Kompas.com - 29/10/2018, 10:43 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP,TheHill

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kampanye penggalangan dana oleh dua kelompok muslim Amerika bagi korban penembakan massal sinagoge di Pittsburg berhasil mengumpulkan 80.000 dollar AS atau sekitar 1,2 miliar.

Kampanye yang diluncurkan di situs LaunchGood ini mencapai target awal 25.000 dollar AS dalam waktu enam jam, kemudian target berikutnya 50.000 dollar AS didapat dalam sehari.

Selanjutnya, penggalangan dana oleh CelebrateMercy dan MPower Cange, lembaga non-profit Muslim-Amerika, menargetkan pengumpulan dana sebesar 100.000 dollar AS atau Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Menara Eiffel Gelap Gulita untuk Hormati Korban Penembakan Sinagoge

"Kami ingin menanggapi kejahatan dengan baik karena iman meminta kami melakukan demikian, dan mengirim pesan belas kasih yang kuat melalui tindakan," kata kelompok tersebut dalam pernyataan.

AFP mewartakan, penggalangan dana akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek korban yang terluka dan keluarga yang berduka, termasuk biaya pemakaman dan tagihan perawatan medis.

"Melalui kampanye ini, kami berharap dapat mengirim pesan gabungan dari komunitas Yahudi dan Muslim bahwa tidak ada tempat untuk kebencian dan kekerasan di Amerika," demikian pernyataan kelompok.

"Kami berdoa agar ini mengembalikan rasa aman dan damai kepada komunitas Yahudi-Amerika, yang pasti telah terguncang oleh peristiwa ini," imbuhnya.

The Hill mewartakan, kelompok tersebut bekerja sama dnegan Islamic Center di Pittsburgh untuk membagikan bantuan.

Seperti diketahui, sebanyak 11 orang tewas ditembak seorang pria di sinagoge Tree of Life, Pittsburgh, Pennsylvania, pada Sabtu lalu.

Penembakan itu disebut sebagai serangan anti-semitisme paling mematikan dalam sejarah AS.

Baca juga: Penembakan Sinagoge di AS: Paus Fransiskus Minta Semua Padamkan Api Kebencian

Pelaku bernama Robert Bowers (46) berhasil ditahan dan terluka akibat terlibat baku tembak dengan polisi.

Presiden Donald Trump juga mengatakan, semua rakyat Amerika berduka atas pembunuhan massal yang menargetkan Yahudi-Amerika.

"Serangan anti-semit yang jahat ini adalah serangan terhadap kemanusiaan," kicau Trump.

"Kita semua akan bekerja bersama untuk menghilangkan racun anti-semitisme dari dunia. Kita harus bersatu untuk mengalahkan kebencian," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,TheHill
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com