Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disneyland Diketahui Menjadi Lokasi Favorit untuk Menabur Abu Jenazah

Kompas.com - 25/10/2018, 16:54 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber USA Today

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu taman hiburan terpopuler di dunia, Disneyland Anaheim di California, Amerika Serikat kerap dianggap sebagai salah satu tempat paling membahagiakan.  

Di taman hiburan ini, pengunjung tak hanya bisa bertemu dengan beberapa tokoh kartun Disney yang ikonik, seperti Mickey dan Minnie Mouse.

Beberapa orang juga menjadikan Disneyland sebagai tempat untuk untuk merayakan ulang tahun, pertunangan, atau pernikahan. Ini semua tentu dilakukan dengan harapan layaknya kisah Disney: happily ever after.

Tak cukup sampai di situ, Disneyland ternyata juga menjadi pilihan bagi sejumlah orang sebagai lokasi untuk menabur abu jenazah jika telah meninggal.

Lokasi favorit

Seorang penjaga Disneyland di Anaheim, California dan Walt Disney World di Orlando, Florida, menyebutkan bahwa kedua tempat ini diketahui kerap digunakan pengunjung sebagai lokasi untuk menabur abu jenazah orang yang mereka cintai.

Sejumlah pengunjung dilaporkan menaburkan abu jenazah dengan cara sembunyi-sembunyi. Mereka biasanya menyelipkan abu anggota keluarga mereka di kantong plastik atau botol pil yang tersembunyi di dalam dompet atau tas ransel.

Dilansir dari USA Today, begitu berada di dalam, pengunjung menyebarkan abu ke seluruh penjuru taman, hamparan bunga, atau wahana air. Lokasi itu termasuk wahana "Pirates of the Caribbean" dan "It's Small World".

Tak hanya itu, wahana rumah hantu "The Haunted Mansion", juga kerap menjadi tempat penyebaran abu.

"Di dalam The Haunted Mansion mungkin banyak abu manusia," ujar petugas Disneyland pada USA Today.

Baca juga: Sejak 2012, Pria Ini Setiap Hari Datang ke Disneyland

Salah satu pengunjung, Shanin Himebrook (41) mengatakan bahwa ia meletakkan abu ayahnya pada awal 2018 untuk beristirahat di dekat gerbang Disneyland. Tindakan ini dilakukannya untuk mengenang perjalanan musim panas mereka.

Himebrook tak ingin mengenang ayahnya sebagai sosok dalam keadaan lelah dan kini beristirahat. Dia berharap dapat mengenang ayahnya sebagai sosok yang menyenangkan, yang selalu mengajaknya "memakai kuping Mickey Mouse" di Disneyland.

"Saya mencintai figur ayah yang seperti itu. Bisakah saya terus mengenangnya seperti itu?" ucap Shanin Himebrook.

Kode khusus

Aktivitas menabur abu jenazah menjadi sangat populer, meskipun ini menyebabkan udara menjadi berpartikulat tinggi atau tercemar karena abu-abu yang tersebar.

Seorang petugas Disneyland mengatakan, ada kode tertentu saat membersihkan udara yang tercemar akibat aktivitas penaburan abu jenazah. Kode itu adalah: HEPA, atau high-efficiency particulate air, pembersihan yang menggunakan vacuum cleaner ultrafine.

Baca juga: Berkunjung ke Tokyo Disneyland, Ada Wahana Apa Saja?

Jika telah banyak abu dalam wahana tersebut, petugas akan memberi tahu kepada pengunjung bahwa wahana ini sementara ditutup karena "kesalahan teknis".

Saat dikonfirmasi, pihak The Walt Disney Company sendiri mengaku sudah melarang dan menindak tegas para pengunjung yang ketahuan melakukan penyebaran abu.

Sedangkan, Juru bicara Departmen Kepolisian Anaheim, California, Sersan Daron Wyatt mengonfirmasi bahwa petugas akan menindaklanjuti laporan.

Namun, Department Kepolisian Orlando hingga saat ini belum memberikan keterangan lebih detail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber USA Today
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com