Pesona Sumatera Barat Hangatkan Resepsi Diplomatik RI di Roma - Kompas.com

Pesona Sumatera Barat Hangatkan Resepsi Diplomatik RI di Roma

Kompas.com - 25/10/2018, 06:52 WIB
.DOKUMENTASI KBRI ROMA .

ROMA, KOMPAS.com - Pesona seni dan budaya Sumatera Barat hadir saat pelaksanaan Resepsi Diplomatik HUT ke 73 Republik Indonesia, di Roma, Italia, Selasa (23/10/20180 malam -waktu setempat.

Pada awal acara, tari Pasambahan -seni tari tradisional khas Minang yang menjadi simbol ungkapan hormat bagi tamu, menyapa sekitar 250 orang undangan.

Mereka terdiri dari kalangan korps diplomatik, pejabat tinggi kementerian, dan anggota Parlemen Italia, serta mitra kerja KBRI Roma.

Tidak hanya mereka yang tinggal di Roma, undangan datang dari berbagai wilayah di Italia, seperti Genoa, Florence, Napoli, hingga Sicilia.

Baca juga: Koleksi Musim Panas Mode Italia Tampil di KBRI Roma

Sementara itu, tari Piring yang menggambarkan suka cita kala masa panen tiba, menjadi pengantar para tamu menikmati hidangan yang disajikan.

Rendang, menu khas Sumatera Barat, dan juga Soto Kudus menjadi salah satu menu yang paling diminati undangan.

Suasana resepsi diplomatik HUT 73 RI di KBRI Roma, Italia, Selasa malam (23/10/2018) waktu setempat.DOKUMENTASI KBRI ROMA Suasana resepsi diplomatik HUT 73 RI di KBRI Roma, Italia, Selasa malam (23/10/2018) waktu setempat.

Berbagai tarian dan nyanyian daerah yang dibawakan Tim Sanggar Seni Budaya binaan Pemkab Pasaman, semakin hangat dengan penampilan campur sari dari Ilaria Meloni, Daniele Zappatore, dan Marco.

Mereka adalah warga Italia alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan program Darmasiswa yang diberikan Pemerintah RI.

Dengan fasih mereka bernyanyi lagu-lagu daerah diiringi instrumen tradisi dipadukan alat musik internasional.

Baca juga: Harmoni di Negeri Para Dewa

Pada sesi seremonial, Ilaria dan Daniele juga menyanyikan lagu kebangsaan Italia, “Fratelli d’Italia” dan Indonesia Raya.

Nuansa persahabatan lintas budaya dua dunia mengisi perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang sederhana namun tetap menarik tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (25/10/2018), disebutkan, Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, sempat mengawali sambutan dengan mengajak hadirin mengheningkan cipta untuk para korban bencana alam di Indonesia.

Selanjutnya, Esti mengungkapkan harapan kerja sama serta hubungan baik yang terjalin selama ini antara Indonesia dan Italia dalam berbagai bidang dapat terus dibina.

Ilaria Meloni, Daniele Zappatore, dan Marco, warga Italia alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan program Darmasiswa yang diberikan Pemerintah RI, tampil dalam resepsi diplomatik HUT ke 73 Ri di Roma. DOKUMENTASI KBRI ROMA Ilaria Meloni, Daniele Zappatore, dan Marco, warga Italia alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan program Darmasiswa yang diberikan Pemerintah RI, tampil dalam resepsi diplomatik HUT ke 73 Ri di Roma.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap pementasan seni tari dan lagu Sumatera Barat dapat memperkenalkan potensi pariwisata daerah tersebut kepada para tamu undangan.

Irwan datang ke Roma bersama Wali Kota Payakumbuh Riza Pahlevi, Bupati Agam Indra Catri, dan Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama.

Baca juga: Saat Tarian Maumere Tutup Pertunjukan Malam Budaya di Athena...

Hadir pula Wakil Menteri Luar Negeri Italia Manlio Di Stefano. Saat berbincang dengan Esti di sela-sela resepsi, Stefano turut menyampaikan kekagumannya terhadap seni budaya Indonesia.

Dia mengaku amat menikmati makanan Indonesia yang disajikan malam itu.



Close Ads X