Kompas.com - 24/10/2018, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Hedy Lamarr merupakan aktris Austria-Amerika selama masa "Golden Age" MGM. Dia membintangi sejumlah film, termasuk Samson and Delilah.

Namun dibalik pesonanya sebagai seorang bintang, dia merupakan perempuan jenius.

Menjadi ilmuwan, dia menemukan teknik awal komunikasi spektrum lebar, yang menjadi dasar dari komunikasi nirkabel WiFi, GPS, dan Bluetooth.

Kehidupan awal

Hedy lahir dengan nama Hedwig Eva Kiesler di Vienna, Austria, pada 9 November 1914. Dia lahir di keluarga Yahudi yang kaya raya.

Sebagai anak satu-satunya, Hedy mendapat perhatian luar biasa dari ayahnya, seorang direktur bank. Sang ayah kelak menjadi inspirasinya untuk melihat dunia dengan mata terbuka.

Dia kerap membawa Hedy berjalan kaki sambil membahas soal mesin, percetakan, dan kemudi mobil.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Christian Dior, Perancang Busana Mewah Legendaris

Perbincangan itu membawa pikiran bocah lima tahun tentang kemungkinan dia memperbaiki kotak mesinnya dan memahami bagaimana benda tersebut dapat beroperasi.

Sementara ibunya, seorang pianis, memperkenalkan dia kepada seni. Hedy mengikuti les balet dan piano sejak masih kecil.

Kejeniusan Hedy diabaikan, namun kecantikannya menjadi pusat perhatian ketika pertama kali ditemukan oleh sutradara asal Austria Max Reinhardt saat masih berusia 16 tahun.

Dia mempelajari seni peran bersama Reinhardt di Berlin. Kariernya dimulai pada 1930 ketika membintangi film berskala kecil berjudul Money on the Street.

Taklukkan Hollywood

Perannya di film Ectasy pada 1932 membuat produser Hollywood melirik kepadanya.

Setelah tak bahagia dengan pernikahannya dengan Fritz Mandl yang berakhir, dia memutuskan untuk pergi ke Amerika Serikat. Mandl merupakan seorang pria Austria kaya raya penjual persenjataan ke Nazi Jerman.

Aktris Hedy Lamarr, bintang Hollywood dari era 1940 -an hingga 1950 -an. (AFP) Aktris Hedy Lamarr, bintang Hollywood dari era 1940 -an hingga 1950 -an. (AFP)
Di AS, dia menandatangani kontrak dengan Metro-Goldwyn-Mayer (MGM) studio di Hollywood dengan nama panggung, Hedy Lamarr.

Film pertamanya di Hollywood, Algiers, yang juga dibintangi Charles Boyer, Hedy dengan seketika menjadi sensai box-office.

Dia kerap disebut sebagai perempuan tercantik dalam dunia perfilman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.