Kompas.com - 24/10/2018, 10:26 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II menjamu kedatangan Raja dan Ratu Belanda pada Selasa (23/10/2018) di Istana Buckingham, London, Inggris.

Dalam kesempatan itu pula, untuk kali pertama sang ratu mengomentari soal British Exit atau Brexit.

Di depan Raja Willem-Alexander dan istrinya, Ratu Maxima, Ratu Elizabeth mengatakan sebagai inovator, pemasok, dan berperan dalam internasional, Inggris mencari kepercayaan diri pada masa depan.

Daily Express mengabarkan, dengan tidak memihak dalam masalah politik, ratu memilih untuk menekankan kualitas yang dibutuhkan Inggris dan Belanda ketika politik negaranya terus terbagi oleh isu Brexit.

Baca juga: Begini Cara Ratu Elizabeth II dan Putri Diana saat Umumkan Kehamilan

"Saya teringat kunjungan kenegaraan nenek Anda, Ratu Juliana dan Pangeran Bernhard pada 1972, saat saya berbincang soal hubungan erat kedua negara menjadi makin penting ketika konfigurasi baru Eropa muncul," katanya dalam pidato.

"Ketika kami melihat kemitraan baru dengan Eropa, itu merupakan nilai dan komitmen bersama satu sama lain," ujarnya.

Ratu Elizabeth II memuji hubungan erat antara Inggris dan Belanda, yang disebutnya sangat berkontribusi pada ekonomi dan kehidupan budaya Inggris.

"Belanda merupakan salah satu investor Eropa terbesar di Inggris. Kami memiliki komunitas Belanda yang berkembang, pertukaran seni, dan olahraga," ucapnya.

Sementara, Raja Willem-Alexander mendesak Inggris untuk menghilangkan ketidakpastian yang menggantung terhadap warga Belanda di Inggris setelah Brexit.

Dia menyesali keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa, namun tetap menghormati keputusan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.