Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Menteri Pakistan Kembali Tegaskan Ingin Berdamai dengan India

Kompas.com - 23/10/2018, 19:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Perdana Menteri Pakistan Imran Khan kembali menegaskan keinginannya untuk mengadakan pembicaraan damai dengan India, setelah rencana sebelumnya gagal terlaksana.

Imran Khan mengatakan, dalam konferensi investasi yang digelar di Riyadh, Arab Saudi, bahwa mengupayakan perdamaian dengan India telah menjadi hal pertama yang ingin dilakukannya setelah terpilih sebagai perdana menteri.

"Ketika saya memenangkan pemilihan dan menjabat sebagai perdana menteri, hal pertama yang ingin saya coba lakukan adalah memperluas perdamaian ke India," kata Khan di hadapan tamu konferensi Future Investment Initiative (FII) di Riyadh, Selasa (23/10/2018).

Baca juga: Afganistan dan Pakistan Undang Ulama RI untuk Bantu Perdamaian

"Sekarang apa yang kami harapkan adalah kami menunggu hingga pemilihan kemudian akan melanjutkan pembicaraan perdamaian dengan India," tambah Khan, mengacu pada pemilu India yang rencananya digelar pada pertengahan Mei 2019 mendatang.

Kedua negara yang bertetangga itu sebelumnya sempat merencanakan pertemuan antarmenteri luar negeri di sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS

Namun hanya berselang sehari setelah pengumuman rencana pertemuan tersebut, pemerintah India memutuskan membatalkannya.

Khan menanggapi pembatalan tersebut dengan menyebut India telah bersikap arogan. Dia pun mengungkapkan kekecewaannya ke akun Twitter miliknya.

"Kecewa terhadap respon yang arogan dan negatif dari India atas seruan saya untuk memulai kembali dialog perdamaian," tulis Imran Khan saat itu.

Khan menghadiri konvensi investasi internasional yang digelar Arab Saudi di tengah banyaknya negara yang memutuskan tidak hadir karena kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Mantan atlet kriket nasional Pakistan itu menargetkan untuk mendapat investor potensial untuk membantu perekonomian negaranya yang tengah kritis.

Desakan untuk mencapai perdamaian dengan India muncul setelah sejumlah negara yang bersahabat dengan Pakistan tak bersedia membantu perekonomian mereka.

Dalam pidatonya, Khan juga mengungkapkan sedang dalam pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mendapat bantuan keuangan.

Sejak menjabat sebagai perdana menteri, Khan juga telah mencoba berbicara dengan China dan Arab Saudi untuk mencari pinjaman. Demikian dikabarkan AFP.

Baca juga: India Batalkan Rencana Pertemuan Menteri Luar Negeri dengan Pakistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com