Kompas.com - 23/10/2018, 13:57 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Gempa berskala 6,0 magnitudo mengguncang Hualien, wilayah Taiwan bagian timur pukul pada Selasa (23/10/2018).

Sementara itu, Badan Survei Geologi Amerika Serikat menyebut, skala gempa Taiwan sebesar 5,7 magnitudo, dengan wilayah yang dilanda getaran terkuat di Taipei.

Melansir Taiwan News, gempa terjadi pada pukul 12:34 waktu setempat. Biro Pusat Cuaca (CWB) menyatakan, getaran gempa dapat dirasakan hingga ke seluruh wilayah Taiwan.

Baca juga: Tertimbun Selama 3 Pekan, 2 Jasad Korban Gempa Taiwan Berhasil Diambil

Gedung Yun Tsui roboh dan miring akibat diguncang gempa, di kota Hualien, Taiwan, pada 6 Februari 2018. (AFP/Anthony Wallace) Gedung Yun Tsui roboh dan miring akibat diguncang gempa, di kota Hualien, Taiwan, pada 6 Februari 2018. (AFP/Anthony Wallace)
Pusat gempa terdeteksi di 104,2 km timur Hualien County Hall, dengan kedalaman 31,3 km.

CWB mencatat gempa mengguncang selama 18 detik.

Belum ada laporan mengenai dampak dari gempa tersebut.

Namun, Hualien pernah dilanda gempa berkekuatan 6,4 magnitudo pada Februari tahun ini. Gempa tersebut menyebabkan 17 orang.

Posisi jasad korban tewas yang terjebak di reruntuhan bangunan hotel sempat menyulitkan petugas.

Baca juga: Pencarian Korban Gempa Taiwan Berakhir, Jumlah Tewas Total 17 Orang

Tiga pekan usai gempa pada 6 Februari 2018 itu, petugas baru mampu mengambil dua jenazah terakhir yang tertimbun di lantai dasar hotel.

Gempa membuat lantai dasar bangunan runtuh dan miring 45 derajat.

Gempa paling dahsyat yang pernah melanda Taiwan terjadi pada September 1999. Dengan kekuatan 7,6 magnitudo, guncangan gempa menewaskan sekitar 2.400 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.