Kompas.com - 23/10/2018, 11:35 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Pergantian ratu lebah menciptakan keramaian di Sydney, Australia. Sebab, banyak kawanan besar lebah kini ditemukan di seluruh kota.

Hewan-hewan menyengat itu memenuhi taman bermain sekolah, pusat perbelanjaan, dan menyerbu kebun.

ABC mewartakan pada Selasa (23/10/2018), aktivitas lebah tersebut biasanya terjadi setelah musim hujan dan memasuki musim semi yang lembab, sehingga nektar berlimpah.

Baca juga: 23 Kasus Keracunan Salmonella, Sejumlah Telur Ditarik di Sydney

Kawanan lebah yang dipimpin ratu tua dikeluarkan dari sarang mereka, setelah ratu yang lebih muda lahir dan mengambil alih.

Peternak lebah Doug Purdi, yang memiliki usaha The Urban Beehive, mengaku telah menerima ratusan panggilan dari warga yang meminta bantuan dalam beberapa pekan terakhir.

"Saya telah menangkap dan memindahkan kawanan dari banyak tempat ganjil, termasuk gedung perkantoran Macquarie Street, hotel bandara, dan taman bermain anak-anak," katanya.

Purdi menyarankan agar warga tidak memukul lebah dengan tongkat, atau berupaya untuk mematikan hewan tersebut.

"Kami mengambil ratu lebah dan memasukkan ke dalam kotak. Biasanya lebah secara pasif akan mengikutinya, jadi kami dapat memindahkan koloni itu," ujar Purdi.

"Kami di sini untuk membantu melindungi populasi lebah lokal terhadap ancaman. Lebah madu melakukan pekerjaan yang sangat penting di perkotaan Sydney," katanya.

Lebah juga menyebabkan kekacauan di rumah warga dan sekolah. Zoe Feder (7) mengatakan, dia sudah dua kali menemukan kawanan lebah yang bersarang di rumahnya dan sekolahnya.

Baca juga: Artefak Mesir Kuno Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Sydney

Halaman:
Sumber ABC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.