Kompas.com - 23/10/2018, 10:51 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - PBB menyebut ada lebih dari 7.000 orang kini sedang menuju Amerika Serikat, dengan lebih banyak migran yang akan bergabung termasuk warga Amerika Tengah lainnya di Meksiko.

Melansir AFP, Senin (22/10/2018),  Presiden AS Donald Trump akan mulai memangkas bantuan kepada tiga negara Amerika Tengah atas masuknya ribuan migran Honduras ke perbatasan AS.

Trump terus melontarkan serangan di Twitter hampir tiap hari dengan menyebutnya sebagai darurat nasional. Dia juga mengancam bakal mengerah militer guna menutup perbatasan dengan Meksiko.

Baca juga: Trump Ancam Kerahkan Militer untuk Tutup Perbatasan AS dan Meksiko

"Kami sekarang akan mulai memangkas, atau secara substansial mengurangi, bantuan luar negeri besar-besaran," katanya.

Ucapannya merujuk pada bantuan AS kepada Guatemala, Honduras, dan El Salvador.

"Menyedihkan, sepertinya polisi dan militer Meksiko tidak dapat menghentikan caravan migran menuju perbatasan selatan AS," ucapnya.

Bantuan AS ke Amerika Tengah telah menurun. Pada 2016, bantuan dikucurkan senilai 750 juta dollar AS menjadi 655 juta dollar pada 2017.

Tahun ini, bantuan diperkirakan turun lagi menjadi 615 juta dollar AS.

Gelontoran dana semacam itu menjadi penting bagi negara seperti Honduras, yang menerima 181,7 juta dollar AS pada tahun lalu.

Sebelumnya, otoritas Meksiko berhasil mencegat para migran di perbatasan Meksiko-Guatemala usai mereka berhasi menerobos penghalang di Guatemala pada Jumat lalu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.