Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monumen Wikipedia di Polandia, Dibangun untuk Menghargai Penyunting

Kompas.com - 22/10/2018, 13:21 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada era digital seperti saat ini, beragam informasi mudah ditemukan di internet. Adapun, Wikipedia menjadi salah satu sumber penyedia informasi di internet yang kerap digunakan warganet.

Wikipeda merupakan ensiklopedia berbasis crowdsource yang informasinya bisa ditambah atau diedit orang di luar pengelola situs.

Meski begitu, tetap ada sejumlah orang yang disebut sebagai Wikipediawan, yang memastikan informasi yang ditambahkan sesuai fakta.

Pada 22 Oktober 2014, sebuah monumen didirikan di kota S?ubice, Polandia, sebagai penghargaan untuk para penyunting Wikipedia.

Peresmiannya, dihadiri oleh komunitas Wikimedia setempat dan Yayasan Wikimedia sebagai pengelola ensiklopedia daring itu.

Menghargai penyunting

Antusiasme besar yang dimiliki penyunting Wikipedia membuat seseorang merasa tergerak untuk membuat monumen sebagai penghargaan kepada penyunting maupun penulis.

Ensiklopedia bebas yang diluncurkan pada 2001 ini memang menjadi hits di Polandia karena menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan. Bahkan informasi dalam bahasa Polandia di Wikipedia tercatat sebagai salah satu yang terbesar, dan melewati Wikipedia berbahasa Perancis dan Spanyol.

Pada 2010, seorang profesor bernama Krzysztof Wojciechowski menginisiasi proyek pembangunan monumen.

Monumen Wikipediawikipedia.org Monumen Wikipedia
Krzysztof Wojciechowski  merupakan direktur sebuah perguruan tinggi setempat, yang mengaku kagum akan layanan yang disediakan Wikipedia. Dia berpendapat bahwa patung itu adalah simbol yang tepat untuk kota.

"Saya siap untuk berlutut di hadapan Wikipedia. Itu sebabnya saya memikirkan sebuah monumen di mana saya bisa melakukannya," kata Wojciechowski seperti dilansir dari ABC News.

Proposal akhirnya segera dikirimkan kepada Pemerintah Polandia dan mendapat respons baik dari otoritas setempat. Akhirnya, Pemerintah Kota S?ubice mendanai monumen tersebut dengan menggelontorkan dana 50.000 zloty (sekitar 11.800 euro atau Rp 183 juta).

Seperti dilansir The Telegraph, sebuah monumen dengan tinggi 2,5 meter yang terbuat dari fiber dan resin dibangun, dan dirancang agar terlihat seperti kuningan.

Patung itu terdiri dari empat sosok yang memegang simbol puzzle berbentuk bola dunia yang menjadi simbol Wikipedia.

Patung itu sendiri diciptakan oleh Mihran Hakobjan yang merupakan seniman kelahiran Armenia, yang yang lulus dari perguruan tinggi Slubice.

Pembangunan patung ini akan menjadi pusat perhatian kota mengenai pentingnya pusat pendidikan. Patung ini sebagai penggerak untuk orang bisa berkontribusi lebih kepada Wikipedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com