Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Keluar Rel dan Terguling di Taiwan, Sedikitnya 18 Tewas

Kompas.com - 21/10/2018, 23:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Rangkaian kereta api keluar jalur dan terguling di Taiwan, Minggu (21/10/2018). Setidaknya 18 orang tewas akibat kecelakaan kereta paling buruk di negara itu sejak lebih dari 20 tahun terakhir.

Badan Perkeretaapian Taiwan mengkonfirmasi setidaknya 18 orang menjadi korban tewas dan 171 orang lainnya luka-luka, sepuluh di antaranya luka serius.

Kecelakaan tersebut menimpa kereta api ekspress, Puyuma yang membawa lebih dari 366 penumpang, berangkat dari pinggiran kota Taipei menuju Taitung, di Taiwan tenggara.

Rangkaian kereta api dengan delapan gerbong tersebut keluar jalur dan terguling di kawasan Yilan, dekat Stasiun Xinma, sekitar pukul 04.50 pagi. Lima gerbong terguling.

Baca juga: Kereta Api Tabrak Kerumunan Pengunjung Festival di India, 50 Tewas

"Empat gerbong kereta terbalik 90 derajat. Korban terburuk berada di gerbong-gerbong tersebut," kata Jason Lu, kepala admministrasi Kereta Api Taiwan, dilansir AFP.

Foto yang beredar di dunia maya menunjukkan kondisi rangkaian kereta usai terguling dengan posisi zig-zag di luar rel.

Belum diketahui apakah masih ada penumpang yang terjebak di dalam gerbong kereta.

Rangkaian kereta api yang nahas tersebut berusia enam tahun dan terakhir menjalani inspeksi serta perawatan besar pada 2017. Demikian disampaikan Direktur Badan Perkeretaapian Taiwan Lu Chie-shen.

Upaya penyelidikan tengah dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Kementerian Pertahanan telah mengirim 120 tentara ke lokasi kecelakaan untuk membantu upaya penyelamatan.

Sementara, Presiden Tsai Ing-wen, melalui akun Twitter-nya, menyampaikan bela sungkawa kepada para korban luka dan keluarga korban tewas.

Kecelakaan pada Minggu pagi, disebut sebagai yang terburuk di Taiwan sejak 1991, ketika dua rangkaian kereta bertabrakan di Miaoli dan menyebabkan 30 penumpang tewas dan 112 lainnya luka-luka.

Sebelumnya pada 2003, rangkaian kereta api di lintasan Gunung Alishan keluar rel dan terjun ke ngarai di sisi gunung. Menyebabkan 17 orang tewas dan 156 luka-luka.

Baca juga: Kereta Api Penumpang Keluar Jalur di Maroko, Sedikitnya 6 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com