Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belgorod, Kapal Selam Tenaga Nuklir Terbesar yang Dikembangkan Rusia

Kompas.com - 20/10/2018, 16:32 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapal selam pertama tercatat sudah dicetuskan oleh warga negara Inggris bernama William Bourne pada 1578. Meski demikian, penggunaan kapal selam pertama tercatat dilakukan oleh ahli Belanda bernama Cornelis Drebbel pada 1620.

Namun, sejarah mencatat bahwa perkembangan kapal selam identik dengan kepentingan militer. Setiap negara berlomba mengembangkan teknologi kapal selam untuk kepentingan pertahanan, begitu pula dengan Rusia.

Rusia mengembangkan kapal selam yang unik dan berbeda. Kapal selam rusia ini didesain tanpa mengharuskan kendaraan itu mengisi bahan bakar saat berada di bawah permukaan laut.

Kapal selam bernama Yasen dan Borei buatan Rusia bisa mengarungi lautan dengan energi yang berasal dari nuklir untuk bisa menggerakkan mesinnya.

Setelah mengembangkan proyek itu, Rusia juga mengembangkan kapal selam terbesar di dunia. Tak henti-hentinya Rusia selalu berinovasi menciptakan kendaraan besar dan canggih dalam proyek kapal selamnya.

Terbesar

Rusia akhirnya berinovasi untuk membuat kapal selam terbesar dunia. Dilansir dari National Interest, Rusia mengembangkan kapal ini untuk menambah perangkat tempurnya di sektor laut.

Selain itu, Rusia juga memanfaatkan kapal selam yang diberi nama "Belgorod" ini untuk mengaktifkan kembali pangkalan di Lingkaran Arktik.

Kapal selam dengan tenaga nuklir ini juga dapat digunakan sebagai kapal pemecah es.

Dalam rancangannya, Belgorod akan mampu mempelajari relief dasar laut Arktik Rusia untuk mencari kandungan mineral di kedalaman laut, serta menjadi titik komunikasi bawah laut.

Belgorod akan dilengkapi sauna, kolam renang, gym, hingga ruang khusus merokok — fasilitas yang tidak dimiliki kapal selam nuklir lainnya di dunia.

Selain sebagai penjagaan sektor laut, Belogorod juga untuk misi penelitian ilmiah bawah laut seperti yang ditulis Russia Beyond The Headline.

Rusia menargetkan Belgorov selesai digarap tahun ini. Meski begitu, perusahaan konstruksi Severodvinsk merancang Belgorod berdasarkan bentuk kapal selam nuklir Proyek 949A "Antey" yang tidak selesai dibangun

Dulu, kapal selam Antey dibangun pada era Uni Soviet sebagai respons terhadap penyebaran kapal induk AS di seluruh dunia.

Dilansir dari SputnikNews, Belgorod memiliki 20 peluncur rudal balistik yang masing-masing memiliki hulu ledak. Dalam haluan kapal terdapat enam tabung torpedo nuklir yang memiliki kekuatan nuklir 100 megaton.

Torpedo ini bisa menghancurkan pangkalan militer maupun pelabuhan. Dengan torpedo "Kanyon", Belgorod akan memiliki senjata terbesar di lautan.

Kanyon diperkirakan oleh beberapa sumber memiliki panjang 24 m dan diameter 1,6 m.

Kini, setelah mengalami proses rekonstruksi, ukuran kapal selam ditingkatkan hingga 184 meter.

Dengan demikian, Belgorod akan memiliki ukuran 11 meter lebih panjang dari kapal selam Akula yang dianggap sebagai kapal selam terbesar di dunia yang tercatat dalam rekor dunia Guinness.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com