Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: ISIS Sandera 700 Orang, Ancam Bakal Eksekusi 10 Orang Per Hari

Kompas.com - 19/10/2018, 17:13 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SOCHI, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menuturkan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah menyandera sekitar 700 orang.

Dalam pidatonya di forum internasional di Sochi, Putin berkata ISIS telah memperluas area kekuasaannya di Suriah, dan menculik sekitar 130 keluarga.

Baca juga: Terbukti Dukung ISIS, Buruh Bangunan Indonesia Dipenjara di Malaysia

TASS via Newsweek memberitakan Kamis (18/10/2018), keluarga itu diculik ketika ISIS menyerang kamp pengungsian Suriah di Deir Ezzor.

ISIS membawa keluarga-keluarga tersebut ke sebuah lokasi yang tak tak diketahui di selatan Sungai Eufrat pada pekan lalu.

Mantan agen dinas intelijen Uni Soviet (KGB) itu melanjutkan, terdapat warga Amerika Serikat (AS) yang juga disandera.

AP via The Washington Post melaporkan, ISIS telah mengajukan permintaan dan mengancam bakal membunuh semua sandera jika tak dipenuhi.

"Mereka mengancam bakal mengeksekusi 10 orang per hari. Mereka pernah melakukannya sebelumnya, dan bisa melakukannya lagi," ujar Putin.

Sementara Observasi Suriah untuk HAM (SOHR) menjelaskan, terdapat juga warga negara Eropa dalam sandera ISIS.

Kepala SOHR Rami Abdel Rahman berujar, ISIS menguasai kamp pengungsian yang terletak di Hajin selama tiga jam dan membawa sandera.

"Di dalam kamp terdapat para pengungsi yang ternyata pro-ISIS. Mereka membantu menguasai kamp sebelum membawa pergi sandera," ujar Rahman.

Kepada Euronews, Rahman mengutarakan warga negara Belgia dan Perancis masuk di daftar sandera, dan menyatakan kini mereka menghadapi situasi sulit.

Selain itu, terdapat 90 perempuan yang diketahui membelot dari kelompok tersebut dan juga anak-anak. Dilaporkan ISIS memisahkan antara pria dan perempuan.

Namun, untuk jumlah Rahman berkata ISIS membawa 300 orang. Bukan 700 seperti yang dikemukakan Putin.

Baca juga: Iran Telah Melancarkan 700 Serangan Drone ke Pasukan ISIS di Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com