Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Siap Berkunjung ke Pyongyang asal...

Kompas.com - 19/10/2018, 07:51 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengunjungi Vatikan pada Kamis (18/10/2018). Dia juga berkesempatan bertemu langsung dengan Paus Fransiskus.

Dalam pertemuan itu, Moon menyampaikan pesan dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang berkeinginan menyambut pemimpin Gereja Katolik Roma itu di Pyongyang.

Menanggapi hal tersebut, Paus Fransiskus mengaku siap mengunjungi Korea Utara asalkan Kim Jong Un yang langsung mengirimkan undangan resmi.

Baca juga: Kim Jong Un Ingin Paus Fransiskus Berkunjung Ke Korut

"Ketika Presiden Moon bertanya kepada paus, apakah tidak apa-apa bagi Kim untuk mengirim undangan," kata juru bicara presiden Korsel, seperti diwartakan AFP.

"Paus bilang, 'Apa yang baru saja Anda katakan sudah cukup, namun akan lebih baik jika undangan resmi dikirim'," ujar juru bicara mengutip paus.

"Jika undangan sampai, saya pasti akan menanggapinya, dan saya bisa pergi," katanya menirukan ucapan Paus Fransiskus.

Dalam sebuah pernyataan, Vatikan memberikan apresiasi terhadap komitmen bersama untuk mendorong semua inisiatif guna mengatasi ketegangan di Semenanjung Korea.

"Saya dapat mengonfirmasi, undangan lisan telah disampaikan," kata juru bicara Vatikan Greg Burke, menanggapi pesan Kim Jong Un melalui Moon.

Sebagai informasi, belum pernah ada paus yang mengunjungi Korea Utara sebelumnya.

Yonhap News mengabarkan, pertemuan Moon dan Paus Fransiskus digelar secara tertutup dengan hanya ditemani seorang pastor Korea Selatan, Han Hyun-taek sebagai penerjemah.

Baca juga: Berduka atas Tsunami Palu, Paus Fransiskus Doakan Para Korban

Moon mengucapkan terima kasih kepada paus atas dukungannya. Dia mengaku mengingat selalu pesan paus bahwa dialog merupakan satu-satunya solusi dalam berbagai konflik.

"Saya senang bertemu Anda. Saya mengunjungi Vatikan sebagai presiden, tapi saya juga seorang beriman dengan nama baptis Timoteo," ujar Moon.

Setelah mengadakan pertemuan selama setengah jam dengan paus, dia akan meninggalkan Italia menuju Brussels dan menghadiri KTT Pertemuan Asia-Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com