Kompas.com - 18/10/2018, 17:25 WIB
|

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi dikabarkan menghentikan penerbitan visa untuk keperluan umrah atau ibadah haji untuk pengungsi Palestina di Lebanon.

Keputusan ini sekaligus membuat puluhan ribu warga Palestina tidak bisa mengunjungi Mekkah dan Medinah, dua kota paling penting bagi umat Muslim.

Kepada situs Middle East Eye, seorang pejabat di kantor konsulat Arab Saudi di Beirut mengatakan, langkah ini diambil menyusuk keputusan Kementerian Luar Negeri Saudi.

Baca juga: Kanada Tambah Dana Bantuan untuk Pengungsi Palestina

Pihak konsulat di Beirut sudah menginformasikan hal itu kepada agen-agen perjalanan di Lebanon bahwa visa umrah dan haji tak diterbitkan untuk warga Palestina yang memegang dokumen pengungsi.

Keputusan ini, ujar pejabat konsulat Saudi itu, sudah efektif berlaku sejak 12 September lalu.

"Kini pengungsi Palestin (di Lebanon) bisa mengurus paspor Otorita Palestina agar bisa mendapatkan visa," tambah pejabat itu.

"Banyak warga Palestina yang mendapatkan visa umrah atau haji dengan menggunakan paspor Otorita Palestina setelah keputusan ini diambil. Saya tidak puya jumlah pastinya," tambah dia.

Pejabat itu melanjutkan, Kemenlu Arab Saudi juga sudah mengabarkan keputusan itu kepada pemerintah Palestina yang berkedudukan di Tepi Barat.

Sementara itu, Duta Besar Palestina di Lebanon Ashraf Dabbour mengatakan, pihaknya sudah mengetahui keputusan Saudi itu.

Namun, lanjut Dabbour, Kedubes Palestina mengetahuinya bukan dari jalur resmi melainkan kabar dari para tokoh lokal Palestina.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.