Kompas.com - 18/10/2018, 15:27 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta otoritas Turki agar menyerahkan bukti jurnalis Arab Saudi yang menghilang.

Di Gedung Putih, Trump menyatakan dia mengirimkan permintaan jika ada rekaman video maupun suara yang berhubungan dengan kasus Jamal Khashoggi.

"Kami meminta bukti itu jika benar ada. Saya meragukannya. Namun mungkin ada. Mungkin ada," ujar Trump dikutip Reuters via Channel News Asia Kamis (18/10/2018).

Baca juga: Jurnalis Saudi Dibunuh dan Dimutilasi Hanya dalam Waktu 7 Menit

Presiden berusia 72 tahun itu melanjutkan, dia mengharapkan laporan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo yang melakukan kunjungan ke Saudi dan Turki.

Sebelumnya, penyelidik Turki mengklaim telah mengamankan bukti bahwa Khashoggi dibunuh ketika mengunjungi gedung Konsulat Saudi di Istanbul 2 Oktober lalu.

"Kebenaran bakal tersingkap pada akhir pekan ini," tegas presiden ke-45 dalam sejarah Negeri "Paman Sam" tersebut dikutip BBC.

Meski begitu, tujuh pejabat keamanan AS dan Eropa menyatakan otoritas Turki masih belum memberikan bukti rekaman kasus Khashoggi.

Karena tidak diberikan, pejabat anonim itu menjelaskan mereka mendapatkan data intelijen mereka menggunakan metode dan sumber sendiri.

Termasuk juga pemberitaan media berdasarkan rekaman yang bocor. Salah satunya adalah media Turki pro-pemerintah, Yeni Safak.

Harian tersebut mengulas rekaman tersebut menunjukkan Khashoggi sempat disiksa saat menjalani interogasi sebelum dibunuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.