Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Minta Bukti Rekaman Jurnalis Arab Saudi yang Hilang kepada Turki

Kompas.com - 18/10/2018, 15:27 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta otoritas Turki agar menyerahkan bukti jurnalis Arab Saudi yang menghilang.

Di Gedung Putih, Trump menyatakan dia mengirimkan permintaan jika ada rekaman video maupun suara yang berhubungan dengan kasus Jamal Khashoggi.

"Kami meminta bukti itu jika benar ada. Saya meragukannya. Namun mungkin ada. Mungkin ada," ujar Trump dikutip Reuters via Channel News Asia Kamis (18/10/2018).

Baca juga: Jurnalis Saudi Dibunuh dan Dimutilasi Hanya dalam Waktu 7 Menit

Presiden berusia 72 tahun itu melanjutkan, dia mengharapkan laporan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo yang melakukan kunjungan ke Saudi dan Turki.

Sebelumnya, penyelidik Turki mengklaim telah mengamankan bukti bahwa Khashoggi dibunuh ketika mengunjungi gedung Konsulat Saudi di Istanbul 2 Oktober lalu.

"Kebenaran bakal tersingkap pada akhir pekan ini," tegas presiden ke-45 dalam sejarah Negeri "Paman Sam" tersebut dikutip BBC.

Meski begitu, tujuh pejabat keamanan AS dan Eropa menyatakan otoritas Turki masih belum memberikan bukti rekaman kasus Khashoggi.

Karena tidak diberikan, pejabat anonim itu menjelaskan mereka mendapatkan data intelijen mereka menggunakan metode dan sumber sendiri.

Termasuk juga pemberitaan media berdasarkan rekaman yang bocor. Salah satunya adalah media Turki pro-pemerintah, Yeni Safak.

Harian tersebut mengulas rekaman tersebut menunjukkan Khashoggi sempat disiksa saat menjalani interogasi sebelum dibunuh.

Khashoggi yang merupakan kontributor media AS The Washington Post itu dimutilasi oleh 15 orang terduga di dalam gedung konsulat.

Selanjutnya, potongan tersebut dihancurkan menggunakan cairan asam yang bereaksi cepat, dan disembunyikan di dekat kediaman Konsulat Jenderal Saudi Mohammed al-Otaibi.

Rekaman itu juga memperdengarkan suara percakapan antara Otaibi dengan Khashoggi sebelum si jurnalis berhadapan dengan terduga pelaku.

Di sana, Khashoggi disiksa sehingga teriakannya didengar staf konsulat. "Lakukan ini di luar. Kalian bisa membuatku terkena masalah," kata Otaibi dalam rekaman.

Baca juga: Jurnalis Arab Saudi yang Hilang Dilenyapkan Pakai Cairan Asam

"Diam jika Anda masih ingin hidup ketika kembali ke Saudi," jawab salah satu pelaku kepada Otaibi. Rekaman memperdengarkan Khashoggi sempat disiksa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com