Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politisi Rusia Klaim Moskwa Punya S-700 yang Mampu Jangkau Semua Tempat di Bumi

Kompas.com - 18/10/2018, 13:13 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang politisi ternama Rusia mengklaim bahwa Moskwa memiliki sistem pertahanan udara yang akan mampu menjangkau seluruh wilayah di muka bumi.

Vladimir Zhirinovsky, politisi Rusia yang terkenal dengan pidatonya yang ekspresif dan kerap membuat klaim yang mengejutkan, belum lama ini kembali menyampaikan pernyataan kontroversial dalam sebuah acara bincang-bincang di televisi.

Zhirinovsky menyampaikan, Rusia memiliki sistem pertahanan udara paling mutakhir melebihi S-400 yang disebutnya mampu menjangkau seluruh tempat di bumi.

Pernyataan itu muncul menanggapi langkah Rusia yang beberapa waktu lalu menempatkan perangkat S-300 miliknya di Suriah, setelah pesawat militernya tidak sengaja tertembak jatuh oleh pasukan rezim Bashar al-Assad.

Dilansir dari Russian Times, menurutnya, Rusia seharusnya menempatkan lebih banyak S-300 di Suriah, bahkan melipatgandakan jumlahnya.

Baca juga: Menhan Rusia Sebut Sistem Rudal S-300 Telah Tiba di Suriah

"Amerika takut bahwa seluruh dunia akan melihat bahwa sistem S-300 milik Rusia adalah yang terbaik di dunia."

"Dan juga kita memiliki S-400, S-500, S-600 dan S-700! Kita bisa menjangkau seluruh wilayah di bumi dan tidak ada satu pesawat pun yang akan bisa terbang!" kata Zhirinovsky.

Pernyataan tersebut langsung disambut tawa oleh tamu lainnya, sementara pembawa acara, Vladimir Solovyev, menyela dengan setengah bercanda.

"Bagaimana jika Anda memberi tahun kami tentang sistem S-1500 yang mengerikan yang tidak kami ketahui?" tanyanya.

Zhirinovsky pun menjawab bahwa S-700 akan menjadi yang terakhir karena sistem pertahanan itu sudah mampu menghancurkan setiap misil langsung di tempat peluncurannya.

Rusia telah memiliki sistem pertahanan udara jarak jauh S-300 dan S-400 yang diklaim sebagai yang terbaik.

Sistem pertahanan yang difungsikan untuk melindungi situs-situs penting seperti infrastruktur utama, unit militer atau peluncur rudal balistik secara strategis dari misil dan pesawat musuh itu juga telah menjadi incaran militer negara lain yang ingin memilikinya.

Sistem pertahanan udara S-500 saat ini disebut sedang dalam tahap pengembangan oleh Almaz-Antey, perusahaan senjata Rusia, dan dikabarkan memiliki kemampuan anti-satelit.

Sementara untuk sistem dengan angka indeks lebih tinggi, seperti S-700 yang disampaikan Zhirinovsky, masih tidak jelas apakah benar ada dan menjadi rahasia negara, atau hanya imajinasi Zhirinovsky.

Baca juga: S-400, Sistem Rudal Rusia yang Bikin Gaduh Dunia

Zhirinovsky merupakan pemimpin Partai Demokratik Liberal Rusia (LDPR) yang memiliki 40 kursi di parlemen. Dia dikenal memiliki catatan panjang dalam perilaku eksentriknya yang dinilai mampu menarik pendukung.

Salah satu pernyataannya yang kontroversial adalah menyarankan agar anak-anak di Rusia belajar cara menggunakan senapan Kalashnikov daripada mempelajari bahasa Inggris.

"Ajari anak-anak menggunakan Kalashnikov dan seluruh dunia akan berbicara bahasa Rusia," ujarnya kala itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com