Kompas.com - 17/10/2018, 14:08 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengaku pernah beberapa kali merokok ganja.

Dilansir dari AFP, Trudeau mengakui sendiri pada tahun 2013 bahwa dirinya pernah merokok ganja sebanyak lima atau enam kali dalam hidupnya.

Salah satunya saat pesta makan malam bersama rekan-rekannya, setelah dirinya terpilih menjadi anggota parlemen.

Tak hanya dirinya, mendiang adik laki-laki Trudeau, Michel, yang meninggal akibat longsor saat berski pada 1998, diakuinya pernah menghadapi tuduhan atas kepemilikan sejumlah kecil ganja.

Kendati memiliki pengalaman dengan ganja, hal tersebut tidak menghalangi Trudeau untuk melanjutkan proses melegalisasi ganja, sesuai dengan janji kampanyenya pada 2015.

Baca juga: Hari Ini, Kanada Resmi Legalkan Ganja untuk Rekreasi

Kanada pada akhirnya telah secara resmi melegalkan penjualan dan penggunaan ganja untuk tujuan rekreasional mulai Rabu (17/10/2018).

Meski demikian, melalui kantornya, Trudeau mengatakan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk membeli ataupun mengonsumsi ganja, bahkan setelah itu dilegalkan.

"Kami melegalkan ganja bukan karena kami pikir itu baik untuk kesehatan. Kami melakukan ini karena kami tahu itu tidak baik untuk anak-anak kita," kata Trudeau pada malam jelang pelegalan, Selasa (16/10/2018).

"Kami tahun kita harus bekerja dengan lebih baik untuk melindungi anak-anak kita dan menghilangkan atau mengurangi secara besar-besaran keuntungan yang didapat kelompok penjahat," tambahnya.

Menurut regulasi baru tersebut, warga Kanada yang telah berusia 18 tahun akan diizinkan untuk membeli hingga 30 gram ganja. Selain itu setiap rumah tangga boleh menanam hingga empat pohon ganja.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.