Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponselnya Disita, Seorang Murid Mengancam Bakal Bunuh Diri

Kompas.com - 17/10/2018, 11:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CHANGSHA, KOMPAS.com - Seorang siswi di Provinsi Hunan, China, dilaporkan menulis surat ancaman ke gurunya bakal bunuh diri.

SCMP memberitakan Rabu (17/10/2018), surat ancaman itu dibuat setelah si guru menyita ponselnya dan menolak mengembalikannya.

Baca juga: Orangtua Murid SMAN 87 Berikan Nomor Ponsel yang Mesti Ditelusuri Bawaslu

Guru sekolah di Dao County itu menyita ponsel siswi tersebut Jumat pekan lalu (12/10/2018) karena ketahuan memainkannya saat jam makan siang.

Siswi yang tak disebutkan identitasnya tersebut datang ke kantor guru dan meminta ponselnya kembali, namun permintaan itu ditolak.

Setelahnya si murid menulis surat. Dalam surat itu, dia mengakui kesalahannya karena telah melanggar peraturan sekolah.

"Namun saya butuh ponsel itu karena pemberian ayah saya. Jadi, saya minta Anda mengembalikannya. Jika tidak, saya bakal bunuh diri," tulisnya.

Malam hari saat berlangsung revisi ujian, murid tersebut dilaporkan mencoba bunuh diri dengan melompat dari lantai tujuh.

Untungnya, upaya gadis itu dihentikan teman sekelasnya. Segera si guru mengembalikan ponsel itu, dan memberi tahu orangtuanya.

Surat ancaman itu kemudian diteruskan kepada wakil kepala sekolah Tan Xiangping yang mempunyai pengalaman mengajar selama 29 tahun.

Tan menulis balik kepada siswi itu. "Apakah pantas kamu berbicara seperti itu? Mengancam gurumu dan lebih mementingkan ponselmu?" tanya dia.

Foto surat itu diunggah ke situs Weibo. Adapun remaja itu dilaporkan mengundurkan diri setelah aksinya menjadi viral.

Pusat Informasi Internet China memaparkan, terdapat 788 juta pengguna internet, dengan 18,2 persen di antaranya berusia 10-19 tahun.

Pemerintah berusaha menangkal adanya kecanduan permainan internet. Raksasa teknologi Tencent berencana menggunakan teknologi pengenal wajah untuk mencegah remaja bermain.

Baca juga: Tak Ingin Jadi Beban Keluarga, Pria Difabel Bunuh Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com