Kompas.com - 16/10/2018, 08:05 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Australia menyatakan tengah mempertimbangkan pemindahkan kantor kedutaan besar di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pernyataan tersebut disampaikan Perdana Menteri Scott Morrison dalam konferensi pers, seperti diberitakan AFP Selasa (16/10/2018).

Baca juga: Israel Berencana Pindahkan Kantor UNRWA Keluar dari Yerusalem

PM yang menjabat sejak Agustus lalu itu menjelaskan, dia "berpikiran terbuka" terkait proposal untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Dia menuturkan, Negeri Kanguru berkomitmen dengan solusi dua negara. Namun solusi lain harus dipertimbangkan jika tidak perkembangan yang positif.

"Anda tentu tidak bisa melakukan hal yang sama namun mengharapkan hasil berbeda," kata PM yang juga Ketua Partai Liberal itu.

Morrison menjabarkan proposal pengakuan maupun rencana pemindahan itu merupakan tindakan yang bijaksana serta persuasif yang bisa dipertimbangkan pemerintahannya.

Pernyataan mengejutkan Morrison itu terjadi beberapa hari menjelang pemilu tambahan. Morrison berniat merangkul konstituen Yahudi Sydney.

AFP melaporkan, kekalahan di pemilihan tambahan itu bisa mengurangi dominasi Partai Liberal di parlemen meski hanya satu kursi.

Ucapan Morrison mendapat kecaman dari pihak oposisi Partai Buruh melalui juru bicara bidang kebijakan luar negeri Penny Wong.

Wong menyindir PM berusia 50 tahun itu siap berkata apapun agar dirinya menang. "Bahkan jika itu harus mengorbankan kepentingan nasional Australia," katanya.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.