Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2018, 10:40 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kepolisian Meksiko menemukan sebuah terowongan yang dilengkapi teknologi tinggi di bawah perbatasan dengan California, AS.

Diduga terowongan yang menggunakan panel surya dan juga jalur rel tersebut akan digunakan untuk menyelundupkan obat-obatan antara AS dengan Meksiko.

Melansir dari New York Post, jalan masuk terowongan tersebut ditemukan di sebuah rumah di Kota Jacume, dekat perbatasan AS-Meksiko dan memanjang sejauh 102 meter menuju California.

Disampaikan petugas patroli perbatasan, Tekae Michael, terowongan tersebut belum selesai dibangun dan belum memiliki pintu keluar. Namun diyakini, terowongan itu dimaksudkan untuk mengangkut narkoba ke AS.

Baca juga: Gali Terowongan, Kawanan Pencuri Kuras Toko Perhiasan di China

"Terowongan tersebut cukup canggih dan pasti membutuhkan banyak waktu dan uang untuk membangunnya. Terowongan seperti itu tidak biasa di wilayah ini," kata Michael.

Selain dilengkapi jalur rel dan tersambung dengan panel surya untuk penerangan dan juga sistem ventilasi, petugas perbatasan juga menemukan sistem pemompa air.

Jalur masuk terowongan dikatakan sedalam lebih dari sembilan meter, sementara jalur keluar yang hampir rampung sudah mencapai empat meter, meski belum tembus ke permukaan.

Lebar terowongan tersebut antara 70 hingga 90 sentimeter dan panjang total terowongan sudang mencapai 190 meter.

Terowongan tersebut ditemukan pihak kepolisian bersama pasukan militer saat menjalankan operasi pada pertengahan September lalu.

Setelah ditemukannya terowongan, otoritas Meksiko telah berkoordinasi dengan Patroli Perbatasan, Penyelidik Keamanan Dalam Negeri dan juga Badan Penindakan Narkoba AS untuk menjelajahi lorong.

"Sebelumnya pihak berwenang juga telah menemukan dua terowongan lain di daerah San Diego," kata Michael.

Pada Agustus 2017, petugas Patroli Perbatasan juga telah menemukan terowongan yang tembus hingga perbatasan Otay Mesa. Temuan tersebut menyusul adanya 30 orang asal China dan Meksiko yang muncul dari dalam terowongan.

Baca juga: Israel Klaim Hancurkan Terowongan Hamas yang akan Digunakan untuk Serangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.