Kompas.com - 12/10/2018, 20:03 WIB

TIRUCHIRAPPALLI, KOMPAS.com - Pilot pesawat maskapai Air India yang terbang dari Tiruchirappalli ke Dubai baru mendarat setelah staf darat memberi tahu pesawatnya rusak.

Pernyataan itu keluar setelah pesawat dengan nomor penerbangan IX-611 itu menyenggol dinding perimeter bandara saat lepas landas Jumat (12/10/2018).

Baca juga: Pesawat Air India Senggol Tembok Bandara Saat Lepas Landas

Dilansir Hindustan Times, Kapten D Ganesh Babu tak menyadari badan bawah pesawat rusak setelah lepas landas pukul 01.20 waktu setempat.

Pesawat yang membawa 130 penumpang dan enam kru itu terbang selama empat jam sebelum Babu mendapat pemberitahuan dari staf darat di Bandara Trichy.

Pilot dengan pengalaman 3.600 jam itu menuturkan bahwa instrumen pesawatnya normal. Namun dia disarankan mendarat di Mumbai sebagai tindakan pencegahan pukul 05.40.

Direktur Bandara Trichy K  Gunasekaran berkata, pihaknya menemukan bagian dari pesawat seperti antena di tanah saat lepas landas.

"Nampaknya pesawat tersebut menabrak sistem instrumen pendaratan," kata Gunasekaran. Adapun dinding setinggi 1,5 meter di Bandara Tiruchirappalli juga rusak.

Akibat insiden tersebut, Babu dan Perwira Pertama Kapten Anurag ditangguhkan dari semua jadwal penerbangan sambil menunggu hasil penyelidikan atas insiden serius tersebut.

Air India, sebuah maskapai milik pemerintah India, menyatakan bakal bekerja sama dalam proses investigasi.

Insiden terjadi hanya beberapa pekan ketika 30 penumpang di penerbangan maskapai India, Jet Airways harus dirawat setelah pilot lupa menyalakan pengatur tekanan kabin.

Sebelumnya di Mei 2010, pesawat Boeing 737-800 Air India Express juga kecelakaan dengan mendarat melewati landasan di bandara Mangalore dan menewaskan 158 orang.

Baca juga: Pakai Celana Pendek, Seorang Pria Dilarang Naik Maskapai Arab Saudi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.