6 Pejabat Internasional Puji Pidato "Game of Thrones" ala Jokowi

Kompas.com - 12/10/2018, 19:13 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).

KOMPAS.com – Pidato Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia pada Jumat (12/10/2018) pagi, di Bali, menuai banyak pujian dari tokoh-tokoh internasional.

Pasalnya, Jokowi menganalogikan keadaan ekonomi dunia dengan serial televisi Game of Thrones.

Ia menyebut, pertarungan yang dilakukan Great Houses memperebutkan The Iron Thrones, sama halnya dengan persaingan negara-negara di dunia untuk mencapai kemakmuran ekonominya negaranya.


"Namun, yang mereka lupa, saat Great House bertarung satu sama lain, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari utara, adanya Evil Winter yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan kehancuran," kata Jokowi.

Evil Winter yang dimaksud Jokowi adalah permasalahan besar yang mengancam semua negara, namun keberadaanya kurang mendapat perhatian. Permasalahan itu misalnya perubahan iklim, pemanasan global, sampah plastik, dan sebagainya.

"Dengan adanya kekhawatiran ancaman Evil Winter tersebut, akhirnya mereka sadar tidak penting siapa yang duduki The Iron Throne, yang penting adalah kekuatan bersama untuk mengalahkan Evil Winter," ucap Jokowi.

Baca juga: Jokowi Berpidato Pakai Istilah dalam "Game of Thrones", Ini Maknanya..

Sejumlah pejabat internasional pun memuji pidato yang disampaikan oleh Joko Widodo. Berikut enam orang di antaranya:

1. Duta Besar Belanda, Rob Swartbol

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Rob Swartbol, mengunggah sebuah kicauan yang berisi pujian untuk Presiden Jokowi di akun Twitter @robswartbol.

Ia menyebut pidato Jokowi dalam melawan perang dagang dunia disampaikan dengan sangat baik.

2. Duta Besar Hongaria, Judit Pach

Selanjutnya adalah Duta Besar Hongaria untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN, Judit Pach. Melalui twitnya di akun @DubesHongaria, Pach setuju dengan yang yang disampaikan Jokowi, yaitu kerja sama dan kolaborasi lebih penting daripada apa pun.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X