Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Klaim Hancurkan Terowongan Hamas yang akan Digunakan untuk Serangan

Kompas.com - 11/10/2018, 23:11 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Militer Israel mengklaim telah kembali menghancurkan terowongan yang digali oleh Hamas dari Jalur Gaza menuju ke wilayah Israel.

Disampaikan juru bicara militer Israel, Jonathan Conricus, terowongan tersebut adalah terowongan ke-15 yang telah dihancurkan militer Israel dalam kurun waktu setahun terakhir.

Terowongan tersebut yang diperkirakan sepanjang satu kilometer dan berawal dari kawasan Khan Yunis di Gaza selatan memanjang hingga memasuki wilayah Israel sepanjang 200 meter.

Tidak ada korban jiwa dari penghancuran terowongan tersebut, yang proses pembangunannya telah diawasi oleh militer Israel dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Israel Hancurkan Terowongan Hamas yang Mengarah ke Laut

"Terowongan tersebut memiliki sistem yang kompleks dengan banyak koneksi dan cabang," kata Conricus, pada Kamis (11/10/2018), dilansir AFP.

Namun Conricus tidak bersedia memaparkan bagaimana terowongan tersebut dihancurkan dan hanya menyebut militer menggunakan teknik rekayasa tempur.

Israel dalam beberapa bulan terakhir telah menggunakan teknologi yang mampu mendeteksi dan menghancurkan terowongan tanpa melakukan pemboman.

Dengan cara yang digunakan tersebut, terowongan langsung kembali terisi material sehingga tidak dapat kembali digunakan.

Selain itu, militer Israel juga tengah membangun tembok bawah tanah di sekitar Jalur Gaza untuk menghalangi terowongan yang dibangun kelompok Hamas.

Proyek tembok bawah tanah itu dijadwalkan dapat selesai pada 2019 mendatang.

Conricus menambahkan, terowongan terakhir yang dihancurkan tersebut diduga menggunakan metode baru yang dimaksudkan untuk menghindari metore deteksi Israel.

Tanpa menjelaskan lebih rinci, Conricus hanya menyebut terowongan tersebut dilengkapi aliran listrik dan terdapat perangkat komunikasi.

Baca juga: Israel Bakal Bangun Tembok Bawah Tanah untuk Tangkal Terowongan Hamas

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com