Kompas.com - 10/10/2018, 20:18 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Wali Kota Israel untuk Yerusalem, Nir Barkat membuat pernyataan kontroversial dengan menyebut tidak ada pengungsi Palestina di kotanya.

Dalam sebuah wawancara, Nir Barkat, yang akan segera meninggalkan kantornya setelah pemilihan akhir bulan ini menyampaikan bahwa seluruh penduduk adalah sama.

"Saya melihat semua penduduk sebagai penduduk. Tidak ada penduduk yang tinggal di kota Yerusalem yang didefinisikan sebagai pengungsi," kata Barkat kepada The Associated Press.

"Kami akan memperlakukan mereka seperti penduduk lain di kota dan memberikan layanan terbaik yang kami bisa," tambahnya.

Sebelumnya, Barkat mengumumkan proposalnya yang ingin mengakhiri operasional lokal dari Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) yang ada di Yerusalem dan menggantinya dengan layanan kota.

Baca juga: Israel Berencana Pindahkan Kantor UNRWA Keluar dari Yerusalem

Barkat meminta kepada masyarakat internasional untuk mempertimbangkan usulannya itu.

Namun UNRWA melihat usulan tersebut sebagai serangan terbaru dari Israel dan AS untuk menghapus isu pengungsi di Yerusalem dari agenda internasional.

Sebelumnya, pemerintah AS telah menghapus bantuan untuk badan PBB tersebut yang berdampak pada terganggunya layanan untuk para pengungsi Palestina di bawah UNRWA yang disebut kini mencapai 5 juta jiwa.

Barkat sebelumnya juga pernah menuduh sekolah-sekolah yang didanai UNRWA telah menggunakan buku teks yang mempromosikan anti-Israel.

Israel pun bertekad melakukan revolusi terhadap sistem pendidikan Palestina, sesuatu yang dipandang rakyat Palestina sebagai sebuah upaya cuci otak terhadap kaum muda hingga akhirnya melegalkan tanah yang diduduki sebagai milik Israel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.