Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Warga Inggris yang Ingin Menjadi Warga Perancis Meningkat Tajam

Kompas.com - 10/10/2018, 20:06 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Jumlah warga negara Inggris yang ingin menjadi warga negara Perancis meningkat delapan kali lipat sejak 2015, setahun sebelum Inggris memutuskan meninggalkan Uni Eropa.

Kementerian Dalam Negeri Perancis mengatakan, sebanyak 386 warga Inggris mengajukan permohonan menjadi warga negara Perancis pada 2015.

Pada 2017, menurut data terbaru yang dirilis Rabu (10/10/2018), jumlah itu meningkat drastis menjadi 3.173 ditambah 1.370 permohonan di enam bulan pertama 2018.

Baca juga: Trump: Brexit Bisa Membunuh Prospek Perdagangan Inggris-AS

Saat ini, Inggris masih menjadi anggota Uni Eropa. Artinya warga Inggris memiliki hak yang sama dengan warga lokal untuk bekerja di semua negara-negara Uni Eropa.

Namun, hasil referendum yang digelar Juni 2016 memutuskan Inggris keluar dari blok ekonomi itu.

Artinya, hal tersebut bakal menyulitkan warga negara Inggris yang saat ini bekerja atau hidup di negara-negara Uni Eropa.

"Brexit telah memicu peningkatan signifikan jumlah warga Inggris yang mengajukan permohonan menjadi warga negara Perancis," demikian Kemendagri Perancis.

Negosiasi terkait keluarnya Inggris dari Uni Eropa diprediksi menghasilkan konklusi dramatis menjelang tenggat waktu 29 Maret 2019.

Kini yang dikhawatirkan adalah skenario "tidak ada kompromi" yang akan membuat Inggris keluar dari blok tersebut tanpa adanya kesepakatan dagang, ekonomi, dan keamanan dengan para sekutu Eropanya.

Sementara itu, pemerintah Perancis tengah menyiapkan serangkaian aturan yang akan diajukan ke parlemen pada November mendatang.

Baca juga: PM Inggris: Brexit Tetap Terjadi di 2019

Aturan ini nantinya akan memperjelas hak-hak legal sekitar 150.000 hingga 300.000 warga Inggris yang kini tinggal di Perancis.

Sebagian besar dari warga Inggris itu adalah para pensiunan yang sebagian besar tinggal di kawasan pedesaan di wilayah barat daya Perancis.

.

.

.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com