Kompas.com - 10/10/2018, 18:11 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Pemerintah Argentina telah mengajukan protes formal kepada Kedutaan Inggris atas rencana digelarnya latihan militer yang akan dilakukan kerajaan itu di Kepulauan Falkland.

Buenos Aires telah memperhatikan dan mendapat informasi mengenai latihan militer Inggris yang akan berlangsung pada 15-29 Oktober mendatang.

Melansir dari AFP, pelatihan militer tersebut salah satunya akan melibatkan peluncuran rudal. Demikian disampaikan pihak kementerian luar negeri Argentina.

"Argentina menolak penyelenggaraan latihan militer di wilayah negara kami yang diduduki secara ilegal oleh Inggris," kata kementerian dalam pernyataannya, Selasa (9/10/2018).

Baca juga: Kanada Siap Pimpin Misi Latihan Militer NATO di Irak

Sebagaimana diketahui, kedua negara tersebut terlibat dalam perang pada 1982 di pulau-pulau Atlantik Selatan yang dikuasai Inggris itu.

Kementerian menambahkan, PBB bersama dengan Badan Internasional telah mendesak agar kedua negara melanjutkan proses negosiasi untuk mencapai solusi damai dan definitif terhadap sengketa kedaulatan tersebut.

Argentina juga telah melayangkan protes serupa dua tahun lalu, sementara Inggris berpendapat bahwa latihan militer yang diselenggarakan telah rutin digelar.

Sengketa kedua negara atas Kepulauan Falkland bermula dari Argentina di bawah diktator Leopoldo Galtieri yang mengirim pasukan untuk menduduki kepulauan itu.

Hal tersebut mendorong Inggris untuk turut mengirimkan pasukan ekspedisinya dan merebut kembali wilayah itu dari Argentina.

Akibat perang yang pecah pada 1982 tersebut, sebanyak 649 tentara Argentina tewas, sementara dari kubu Inggris, korban tewas mencapai 255 orang tentara.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.