Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Ditanya Kapan Menikah, Wanita Ini Nikahi Dirinya Sendiri

Kompas.com - 10/10/2018, 17:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KAMPALA, KOMPAS.com - Bosan terus mendapat pertanyaan kapan menikah, seorang perempuan Uganda yang berkuliah di Inggris melakukan hal unik.

Dilansir Daily Mirror, perempuan bernama Lulu Jemimah itu memutuskan menikah dengan dirinya sendiri tepat di ulang tahunnya yang ke-32.

Lulu berkata, selama ini keluarganya sering menanyakan kapan dia berencana menikah. Bahkan, mereka sudah bersiap sejak dia kecil.

Baca juga: Nobar Piala Dunia di Uganda Berujung Tawuran, 4 Tewas

Dia bercerita, ayahnya sudah menuliskan pidato pernikahan ketika umurnya 16 tahun. Sementara ibunya setiap hari berdoa agar putrinya mendapat suami yang baik.

Namun Lulu merasa dia masih belum siap untuk berjalan di altar pernikahan karena yang dia pikirkan saat ini adalah menuntut ilmu.

Sejak Agustus 2017, Lulu menempuh pendidikan Master jurusan Penulisan Kreatif di Universitas Oxford selama dua tahun.

Sebelumnya di 2013, dia memperoleh ijazah Sarjana di Universitas Macquarie Australia, dan sempat bekerja sebagai jurnalis lepas di Organisasi Internasional Migrasi.

Meski berhasil diterima di salah satu universitas terkenal dunia, orangtua Lulu tetap menanyakan kapan dia punya pacar dan mengikat janji pernikahan.

Pertanyaan itu membuatnya bosan hingga salah satu sahabatnya, Karin, memberikannya sebuah ide bahwa dia harus menikahi dirinya sendiri.

Ceritanya, keduanya tengah membahas perayaan kecil-kecilan yang dilakukan Lulu setelah dia berhasil menembus Universitas Oxford.

Saat itu, Lulu sempat melontarkan candaan bahwa dia bakal muncul dengan gaun pernikahan supaya orangtuanya senang. Karin yang mendengarnya senang, dan menawarkan mencarikannya gaun.

"Ucapan Karin kemudian menyadarkan saya pernikahan seperti apa yang saya butuhkan: saya harus menikahi diri saya sendiri," ujar dia.

Lulu segera mempersiapkan "upacara pernikahan" di Bar Quepasa di ibu kota Kampala pada 27 Agustus dengan teman-temannya membantunya bersiap.

Ada yang membantu dengan membuat undangan, ada yang membantunya mencari gaun. Sementara saudaranya memanggang kue pernikahan.

Baca juga: Kapan Menikah?... Pertanyaan yang Selalu Bikin Baper

"Harga gaun di Uganda sangat mahal. Namun setelah saya berkata saya bakal menikah dengan diri sendiri, teman saya membantu mencarikan yang murah," tutur Lulu.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com