Kompas.com - 09/10/2018, 19:42 WIB
|

BAGHDAD, KOMPAS.com - Perdana menteri terpilih Irak Adel Abdel Mahdi sedang pusing tujuh keliling karena kesulitan untuk membentuk pemerintahan.

Sehingga, pada Selasa (9/10/2018), Abdel Mahdi membuka pendaftaran online bagi para warga Irak yang berminat menduduki jabatan menteri.

Langkah tak lazim ini diambil setelah Abdel Mahdi, mantan wakil presiden Irak, kesulitan mengatasi perbedaan pandangan antara para politisi yang membentuk pemerintahan koalisi Irak.

Baca juga: Pasukan AS akan Tetap Berada di Irak Selama Dibutuhkan

Abdel Mahdi ditunjuk menjadi perdana menteri pada 1 Oktober lalu dan sesuai konstitusi memiliki waktu hingga 1 November mendatang untuk membentuk pemerintahan.

Situs pendaftaran ini memberi para kandidat menteri waktu hingga tiga hari untuk mendaftarkan diri sebagai menteri.

Para pendaftar harus mengisi data personal, menjelaskan orientasi politik, dan menyebutkan partai politik tempat mereka bernaung.

Pendaftaran ini terbuka bagi pria atau wanita dan mereka harus memiliki gelar sarjana atau yang sederajat sebagai syarat utama menjadi pejabat negara.

Para kandidat kemudian bisa memilih kementerian yang ingin mereka pimpin dan harus menuliskan visi sebagai pemimpin dan bagaimana cara mengelola tim secara efektif.

Para pendaftar juga harus menjelaskan visi terkait cara mengatasi masalah kementerian serta solusi praktisnya.

Abdel Mahdi (76) adalah seorang politisi veteran yang sudah menyaksikan politik Irak yang penuh friksi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.