Kompas.com - 09/10/2018, 17:41 WIB

KOMPAS.com - Jika mendengar nama John Lennon, pasti akan dikaitkan dengan grup band yang tenar di era 1960-an hingga 1970, The Beatles.

Bersama dengan Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr, Lennon telah menciptakan sejarah sebagai grup band Inggris pertama yang mampu menembus pasar AS.

Setelah The Beatles bubar, Lennon masih aktif bermusik dengan menggandeng istrinya Yoko Ono.

Nama Lennon juga dikenal sebagai salah satu musisi dunia yang berakhir tragis karena tewas ditembak oleh seorang fans.

John Winston Lennon lahir pada 9 Oktober 1940 di Liverpool, Inggris. Ayahnya, Alfred Lennon adalah seorang pelaut berdarah Irlandia, yang karena pekerjaannya dia tidak bisa mendampingi Julia, istrinya, saat melahirkan anak mereka.

Baca juga: Buku Harian dan Kacamata John Lennon yang Hilang Ditemukan di Berlin

Masa kecil Lennon juga tidak terlalu bahagia karena hubungan kedua orangtuanya yang renggang. Sang ayah juga jarang bersamanya karena sering melaut.

Hingga pada Februari 1944, sang ayah pergi tanpa kabar dan baru kembali enam bulan kemudian hanya untuk mengetahui jika istrinya, Julia telah hamil dengan pria lain.

Saat masih berusia empat tahun, Lennon dipaksa untuk memilih di antara ayah dan ibunya yang telah berpisah.

Lennon kecil akhirnya memilih untuk bersama ibunya, namun pada kenyataannya lebih sering tinggal bersama bibinya, yang dipanggil Aunt Mimi.

Meski demikian Julia masih secara rutin berkunjung ke kediaman Mimi di Mendips. Barulah saat berusia 11 tahun, Lennon sesekali mengunjungi ibunya di Liverpool.

Lennon mulai berkenalan dan akrab dengan musik dari sang ibu yang kerap memutar lagu-lagu Elvis Presley. Dari ibunya juga Lennon belajar memainkan alat musik, yang saat itu adalah sebuah banjo.

Semasa sekolah dasar, Lennon bersekolah di Dovedale Primary School di Liverpool dan melanjutkan ke Quarry Bank High School di kota yang sama pada 1952 hingga 1957.

Baca juga: Seikat Rambut John Lennon Terjual Rp 470 Juta

Saat duduk di bangku sekolah, Lennon dikenal sebagai anak yang santai dan lebih sering bercanda.

Di usia 16 tahun, Lennon mendapatkan gitar pertamanya yang dibelikan ibunya. Berbeda dengan ibunya yang mendukung impian Lennon untuk menjadi seorang musisi, bibinya lebih skeptis dan selalu mengatakan bahwa menjadi musisi tidak akan bisa menghasilkan uang.

Pada 1958, ibunda Lennon meninggal dunia setelah tertabrak mobil ketika sedang berjalan pulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.