Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gudang Senjata di Ukraina Meledak, 10.000 Orang Dievakuasi

Kompas.com - 09/10/2018, 14:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KIEV, KOMPAS.com - Tiga ledakan terdengar dari sebuah gudang senjata yang berlokasi di kawasan utara Ukraina, dan membuat 10.000 penduduknya dievakuasi.

Dilaporkan Russian Today Selasa (9/10/2018), ledakan di gudang kementerian pertahanan nomor 6 kota Ichnia dilaporkan pertama kali pada pukul 3.30 waktu setempat.

Baca juga: Gudang Senjata Meledak di Suriah, 39 Warga Sipil Tewas

Kantor Staf Jenderal Ukraina dalam keterangan resmi menyatakan mereka belum mengetahui berapa ukuran area yang terdampak ledakan itu.

Selain mengevakuasi 10.000 penduduk Ichnia, pemerintah juga menutup kawasan udara dalam radius 20 kilometer, begitu juga jalur kereta dan lalu lintas kota.

Markas tanggap darurat segera didirikan di Ichnia dengan kekuatan 200 orang staf manajemen bencana dan 60 unit teknis.

AFP memberitakan Perdana Menteri Volodymyr Groysman dilaporkan telah berada di lokasi setelah sebelumnya dia menulis di Twitter.

Kebakaran di gudang nomor 6 kota Ichnia merupakan insiden keenam yang menerpa militer Ukraina dalam tiga tahun terakhir.

Maret 2017, sebuah gudang senjata di Balakliya dilaporkan meledak dan terbakar. Menewaskan satu orang dan melukai lima lainnya.

Otoritas Ukraina menyebut kebakaran di gudang senjata terjadi akibat adanya aksi sabotase, merujuk perang mereka dengan kelompok separatis pro-Rusia.

Konflik yang terjadi di kawasan timur Ukraina sejak 2014 tersebut membunuh 10.000 orang.

Baca juga: Gudang Senjata di Kota Aden Meledak, 14 Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com