Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nyetir" Sambil Mabuk, Komandan Marinir AS di Australia Dicopot

Kompas.com - 09/10/2018, 11:45 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

DARWIN, KOMPAS.com - Komandan korps marinir AS di Australia dicopot dari jabatannya setelah diketahui mengemudi mobil dalam kondisi mabuk. Demikian Korps Marinir, Senin (8/10/2018).

"Kolonel James Schnelle komandan pasukan Marinir di Darwin, Australia dibebastugaskan pada 30 September karena melakukan pelanggaran," kata juru bicara Korps Marinir AS, Letnan Satu David Mancilla.

Schnelle (48) hadir di pengadilan Darwin pada Senin dan mengaku bersalah telah mengemudi sambil mabuk pada 30 September lalu.

Baca juga: Pengemudi Mabuk, Mobil Tersangkut di Lantai Dua Gedung

Sebelumnya, dia minum-minum di sebuah kelab malam di Mitchel Street sebelum pulang ke kediamannya, yang tak jauh dari kelab malam itu, dengan menggunakan mobil.

Harian The Miami Herald mengabarkan, setelah melakukan tes pernapasan kadar alkohol dalam darah sang komandan mencapai 0,102 persen, lebih dari dua kali lipat batas maksimal yaitu 0,05 persen.

Akibatnya, pengadilan menjatuhkan hukuman denda terhadap Schnelle sebesar 500 dolar ditambah pajak 150 dolar serta pembekuan surat izin mengemudi selama enam bulan.

Namun, kuasa hukum Schnelle mencoba membela kliennya dengan menekankan pada fakta bahwa sang komandan tidak pernah melakukan pelanggaran hukum.

"Pria ini memiliki karakter yang baik. Dia tidak pernah berurusan dengan hukum di mana pun dan sudah memberikan kontribusi kepada masyarakat," ujar sang kuasa hukum.

Sedangkan, Schnelle mengatakan, kesalahan pribadinya seharusnya tidak dikaitkan dengan pencapaian pasukan yang dipimpinnya.

"Sebuah pondasi yang solid sudah dibentuk, baik dalam level taktis, operasional, dan strategis. Masa depan pasukan ini amat baik," ujar Schnelle.

Baca juga: Nyetir Sambil Mabuk, Miliuner Muda Norwegia Didenda Rp 408 Juta

Selain mencopot Schnelle, Korps Marinir AS juga mengumumkan menunjuk Letnan Kolonoe Jeramy Brady untuk menggantikan Schnelle hingga kontingen ini dirotasi.

Saat ini, sebanyak 1.500 perseonel Korps Marinir AS ditempatkan di Darwin, Australia. Jumlah pasukan ini nantinya akan bertambah hingga 2.500 personel.

.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com