Berita Populer: Baku Tembak di Bangkok, hingga Hilangnya Presiden Interpol - Kompas.com

Berita Populer: Baku Tembak di Bangkok, hingga Hilangnya Presiden Interpol

Kompas.com - 09/10/2018, 07:37 WIB
Presiden Kepolisian Internasional (Interpol) Meng Hongwei ketika memberikan pidato dalam pembukaan Kongres Dunia Interpol di Singapura 4 Juli 2017.AFP/ROSLAN RAHMAN Presiden Kepolisian Internasional (Interpol) Meng Hongwei ketika memberikan pidato dalam pembukaan Kongres Dunia Interpol di Singapura 4 Juli 2017.

KOMPAS.com - Baku tembak antara dua geng yang berseteru di Bangkok, Thailand, menyebakan dua turis asing tewas dan tiga lainnya terluka.

Kemudian, Presiden Kepolisian Internasional ( Interpol) Meng Hongwei mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya. Sebelumnya, sang istri melaporkan telah kehilangan kontak sejak 29 September.

Kedua berita tersebut masuk dalam barisan berita populer kanal internasional sepanjang Senin (8/10/2018) hingga Selasa (9/10/2018) pagi.

Berikut rangkuman empat berita populer seputar perkembangan dunia untuk mengisi pagi Anda:

1. Indonesia dan Vietnam, Siapa yang Ketinggalan?

Inisiatif “perang dagang” Presiden Amerika Serikat Donald Trump bisa saja mengatur ulang alur manufaktur global dan rantai pasokan yang penting, di mana eksportir mulai memilih meninggalkan China untuk mengurangi risiko.

Untuk tiga raksasa ASEAN – Indonesia, Filipina, dan Vietnam – masing-masing dengan populasi lebih dari 90 juta, ini merupakan kesempatan yang besar.

Pada dasarnya, tiga negara ini bersaing untuk menarik investasi di industri dan tenaga kerjanya. Saat ini, Vietnam-lah yang paling berhasil.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

2. Baku Tembak Antar-geng di Bangkok Tewaskan Dua Turis Asing

Baku tembak antara dua geng yang berseteru di Bangkok, Thailand, menyebakan dua turis tewas dan tiga lainnya terluka.

Beberapa korban diketahui merupakan bagian dari kelompok turis asal India yang baru saja menikmati makan malam di mal. Kemudian, mereka sedang menunggu kedatangan bus di tempat parkir.

Saat mereka berada di sana, dua geng pemuda muncul dari klub biliar menuju ke sebuah gang di samping tempat parkir.

Ada sekitar 20 orang mengeluarkan pistol, pisau, dan tongkat dari klub biliar. Tiga pria di antaranya melepaskan tembakan.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

3. Presiden Interpol yang Hilang Dilaporkan Mengundurkan Diri

Presiden Kepolisian Internasional (Interpol) Meng Hongwei mengumumkan pengunduran diri dari jabatannya. Pengumuman tersebut disampaikan Sekretariat Umum Interpol melalui kicauan di Twitter.

Sebelumnya, istri Meng, Grace, melaporkan telah kehilangan kontak sejak 29 September ketika suaminya mengatakan bakal mengunjungi China.

Sementara, pengumuman pengunduran diri Meng di saat yang bersamaan dengan pernyataan badan anti- korupsi China bahwa Meng "berada dalam investigasi".

Berita selengkapnya klik tautan di sini.

4. Rumitnya Politik Bosnia, Negeri dengan Tiga Presiden

Pada 1990-an, sebuah negara federasi bernama Yugoslavia yang terdiri dari enam negara bagian berbasis etnis runtuh.

Perpecahan negeri di Semenanjung Balkan ini memicu perang saudara yang amat berdarah, salah satunya adalah Perang Bosnia (1992-1995).

Selama tiga tahun, tiga etnis utama negeri itu Serbia, Kroasia, dan Muslim Bosnia saling bunuh dengan cara yang amat brutal.

Meski Perjanjian Dayton (1995) yang disponsori Amerika Serikat bisa meredam perang, tetapi api permusuhan tiga etnis itu tak sepenuhnya padam.

Berita selengkapnya klik tautan di sini.


Close Ads X