Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Angkatan Udara, India "Upgrade" Armada Jet Tempur MiG-29

Kompas.com - 08/10/2018, 20:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

ADAMPUR, KOMPAS.com - Angkatan Udara India (IAF) telah melakukan unit jet tempur MiG-29 miliknya.

Melansir dari The Times of India, jet tempur buatan Rusia tersebut telah dimiliki India selama hampir tiga dekade dan telah berperan besar dalam Perang Kargil tahun 1999.

"Jet tempur MiG-29 kami kini mampu melakukan pengisian bahan bakar di udara, mampu membawa misil tipe terbaru dan dapat meluncurkan serangan multi-dimensi," ujar Letnan Penerbang Karan Kohli.

Selain itu, jet MiG-29 tersebut kini juga telah menggunakan tampilan layar kokpit digital multi-fungsi yang dipasang menggantikan instrumen lama dari versi asli.

Peningkatan lain yakni fungsi untuk dapat lepas landas secara vertikal.

Baca juga: India Umumkan Beli Sistem Rudal S-400 Rusia Seharga Rp 82 Triliun

"Jet MiG-29 yang telah di-upgrade kini mampu lepas landas dalam waktu lima menit, mengetahui lokasi jet tempur musuh yang akan memasuki wilayah udara India dan menghancurkannya," lanjut Kohli.

Seorang pilot lainnya, yang menolak menyebutkan namanya, mengatakan peningkatan yang telah dilakukan terhadap jet MiG-29 memungkinkan pesawat untuk melakukan serangan dari udara ke udara, udara ke darat, hingga operasi anti-kapal laut.

Dengan adanya peningkatan kemampuan tersebut, diharapkan akan dapat sedikit menutup kekurangan IAF yang tengah mengalami krisis kekuatan tempur karena minimnya armada.

Disampaikan Kepala Angkatan Udara India, Marsekal Udara BS Dhanoa, saat ini IAF hanya memiliki 31 skuadron jet tempur.

Dari jumlah tersebut, tiga skuadron diperkuat jet MiG-29. Dua skuadron tersebut ditempatkan di Pangkalan Tempur Udara Adampur, dengan satu skuadron berkekuatan 16-18 jet tempur.

Versi terbaru hasil peningkatan MiG-29 tersebut telah ditampilkan di Pangkalan Tempur Udara Adampur, sepekan menjelang perayaan Hari Angkatan Udara India yang diperingati pada Senin (8/10/2018).

Peningkatan armada jet tempur India tersebut sekaligus untuk menjawab ancaman dari dua kekuatan besar di wilayahnya, yakni China dan Pakistan.

Baca juga: India Berencana Beli Kapal Perusak Rusia Senilai Rp 32 Triliun

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com