Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Tak Sabar Bertemu dengan Kim Jong Un

Kompas.com - 08/10/2018, 14:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menantikan pertemuan kedua dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Dilansir New York Post Minggu (7/10/2018), Trump mengomentari pertemuan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dengan Kim di Pyongyang.

Baca juga: Bertemu Menlu AS, Kim Jong Un Sepakat Digelarnya KTT Kedua AS-Korut

Dalam kicauannya di Twitter, presiden 72 tahun itu menuturkan pertemuan Pompeo dengan Kim menghasilkan kemajuan dalam penerapan Kesepakatan Singapura.

"Saya tak sabar untuk segera bertemu kembali dengan Pemimpin Kim di masa mendatang," ujar presiden ke-45 dalam sejarah AS tersebut.

Di Pyongyang, Pompeo membahas tentang kemungkinan adanya pertemuan jilid kedua antara Trump dan Kim sejak Singapura 12 Juni lalu.

Juru bicara Kepresidenan Korea Selatan (Korsel) Yoon Young-chan berkata, keduanya juga membahas proses denuklirisasi di Semenanjung Korea.

AFP mewartakan, Pompeo menjelaskan Kim telah setuju untuk mengizinkan adanya peninjau internasional mendatangi situs nuklir Punggye-ri.

Situs itu dilaporkan telah diledakkan pada 24 Mei dengan mengundang jurnalis dari seluruh dunia. Namun, mereka dilarang mendekati Punggye-ri.

"Pemimpin Kim berkata dia sudah siap membiarkan para peninjau masuk ke Punggye-ri," kata mantan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) itu.

Masuknya para peninjau internasional, tutur Pompeo, dilaksanakan setelah kedua negara menyepakati soal isu logistik.

Dia menyebut proses denuklirisasi di Semenanjung Korea masih panjang. Namun, dia menjabarkan pembicaraan dengan Kim berada dalam kondisi yang positif.

Media Korut seperti KCNA dan Rodong Sinmun memberitakan Kim menyampaikan terima kasih kepada Trump karena sudah berupaya keras menerapkan Deklarasi Singapura.

Baca juga: Menlu AS Bakal Temui Kim Jong Un Pekan Ini di Pyongyang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com