Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepolisian Malaysia Tahan 8 Orang yang Diduga Anggota Kelompok Militan

Kompas.com - 07/10/2018, 20:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Otoritas Malaysia menahan delapan orang yang diduga anggota kelompok militan yang menyebarkan ekstremisme agama di negara Asia Tenggara itu.

Delapan orang yang ditahan semuanya pria berusia antara 24-38 tahun. Mereka ditahan oleh Divisi Kontra Terorisme Cabang Khusus Bukit Aman di Perlis, Kuala Lumpur dan Johor pada 24 September lalu.

Tujuh orang di antaranya merupakan warga asing dengan lima orang asal negara di Eropa, satu orang asal Amerika dan seorang warga Timur Tengah. Sementara seorang lainnya merupakan warga Malaysia.

Inspektur Jenderal Polisi Malaysia, Tan Sri Mohamad Fuzi Harun mengatakan, seluruh tersangka terlibat dengan pusat pembelajaran Islam di Perlis, yang diyakini menyebarkan ekstremisme.

Baca juga: Miras Oplosan Tewaskan 29 Orang di Malaysia

"Mereka semua adalah siswa atau mantan staf pengajar di pusat pembelajaran itu," kata Fuzi Harun, dilansir The Star Online, Sabtu (6/10/2018).

"Kami melakukan penahanan setelah mendapat informasi intelijen yang dapat ditindaklanjuti bahwa kelompok teroris yang bermarkas di Yaman berencana mendirikan pusat pembelajaran di Asia Tenggara untuk mempromosikan ajaran ekstremis Salafi Jihadi."

"Hasil investigasi awal berdasarkan informasi intelijen yang dibagikan oleh badan intel asing menunjukkan tersangka memiliki hubungan dengan madrasah di Yaman yang mengajarkan pembunuhan terhadap non-Muslim dan Muslim yang berbeda dengan mereka," lanjutnya menerangkan.

Fuzi Harun mengatakan, enam di antara para tersangka diyakini terkait dengan kelompok teroris ISIS, maupun sel-sel teror lain yang ada di wilayah itu.

Malaysia saat ini masih berjuang untuk mengekang pengaruh sel-sel militan yang terkait dengan kelompok ekstrim Islam, termasuk ISIS.

Banyak warha Malaysia yang telah pergi ke Timur Tengah untuk bergabung dengan kelompok-kelompok militan maupun ISIS dalam beberapa tahun terakhir. Mereka banyak yang melintas melalui Turki

Ratusan orang yang diduga memiliki hubungan dengan ISIS telah ditahan di Malaysia dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Polisi Selamatkan 19 TKI Ilegal yang Akan Dikirim ke Malaysia

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com