Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Ray Kroc, Sang Pembesar McDonald's

Kompas.com - 05/10/2018, 17:14 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin tak banyak penggemar McDonald's yang mengenal namanya. Namun, dia memiliki peran penting dalam mengembangkan perusahaan raksasa makanan siap saji itu.

Didirikan oleh dua bersaudara Richard dan Maurice McDonald, restoran makin beranak pinak dengan sentuhan tangan pengusaha Ray Kroc.

Pionir industri makanan cepat saji ini berhasil menyebarkan McDonald's ke seluruh dunia, dengan jumlahnya mencapai 37.241 gerai pada 2017.

Lalu, bagaimana Kroc mampu membawa McDonald's ke berbagai negara?

Awal kehidupan

Raymond Albert Kroc lahir pada 4 Oktober 1902 dari orangtua asli Ceko, di Oak Park, Illinois, Amerika Serikat.

Ayahnya bernama Alois "Louis" Kroc, seorang pria dengan disiplin kuat. Dia dipekerjakan dalam sebuah perusahaan telegram, Western Union, dan berhasil mendapat posisi tertinggi.

Sementara, ibunya bernama Rose Mary, seorang ibu penuh kasih sayang. Dia bisa memainkan piano. Dari situ, dia mendapat uang tambahan dengan mengajar piano kepada anak-anak dan orang dewasa.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Marie Curie, Satu-satunya Perempuan Peraih Dua Nobel

Kroc memiliki dua adik, Robert dan Lorraine. Dia dan Robert atau Bob jarang berbicara. Namun, keduanya menjadi makin dekat saat tua.

Ketika masih kecil, Kroc belajar piano dari ibunya. Tapi, dia juga sudah memperlihatkan bakatnya dalam bidang bisnis dengan membuka gerai limun.

Ray Kroc. (Britannica) Ray Kroc. (Britannica)
Pada usia 14 tahun, dia bersama dengan dua temannya, membuka toko musik "Ray Kroc Music Emporium", menjual kertas notasi nada yang dia dulu pakai.

Namun, toko itu ditutup dalam beberapa bulan setelahnya.

Kemudian, dia bekerja di kedai es krim milik pamannya. Kroc belajar keahlian berdagangn seperti menunjukkan senyuman dan antusiasme agar menarik orang untuk membeli.

Pengemudi ambulans

Pada 1917, dia memutuskan berpartisipasi dalam Perang Dunia I sebagai pengemudi ambulans, berharap dapat melayani hingga baris depan medan tempur.

Karena usianya baru 15 tahun, dia tidak diperbolehkan untuk bergabung dengan Palang Merah Amerika.

Alhasil, dia berbohong soal usianya. Selama latihan, Kroc bertemu dengan Walt Disney, yang kelak menjalin hubungan profesional pada sebagian besar hidupnya. Dia dikirim ke Perancis. Ketika perang berakhir, dia dipulangkan lagi ke rumahnya.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Helen Keller, Tunarungu Pendobrak Keterbatasan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com