Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2018, 10:36 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengakui kemungkinan dirinya menderita kanker dan saat ini, dia sedang menanti hasil tes kesehatan terbaru.

Diwartakan AFP, dalam sebuah pidato pada Kamis (4/10/2018) pagi, Durterte mengatakan sudah menjalani endoskopi dan kolonoskopi tiga pekan lalu. Namun, dia juga harus menjalani tes serupa pada pekan ini.

"Saya tidak tahu bagaimana kondisi fisik saya sekarang, saya harus menanti itu. Tapi, saya akan bilang jika itu kanker, maka memang kanker," katanya.

Baca juga: Duterte: Dosa Saya Hanyalah Pembunuhan Esktrayudisial

"Dan kalau itu stadium tiga, tidak ada pengobatan lagi. Saya tidak akan memperpanjang penderitaan saya di kantor ini atau di mana pun," imbuhnya.

Pria berusia 73 tahun itu memicu sejumlah spekulasi di media Filipina karena melewatkan pertemuan kabinet dan acara publik lainnya pada Rabu lalu.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah Harry Roque membantah presiden mengalami masalah kesehatan dan menyebut Duterte baru saja mengambil libur.

"Saya tidak punya informasi bahwa dia pergi ke rumah sakit," ujarnya.

Duterte sempat menyatakan kerap mengalami migrain setiap hari dan sejumlah penyakit, termasuk penyakit Buerger.

Penyakit Buerger atau tromboangitis obliterans merupakan penyakit yang memengaruhi pembuluh darah dan arteri anggota badan. Biasanya disebabkan karena kebiasaan merokok.

Baca juga: Seorang Senator Pengkritik Presiden Duterte Ditangkap

Dia bahkan pernah menyebut kesehatannya yang memburuk sebagai alasan untuk tidak menghadiri acara KTT di luar negeri.

Pada 2016, Duterte mengaku biasa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, fentanil, karena menderita cedera tulang belakang akibat kecelakaan sepeda motor sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.