Kompas.com - 04/10/2018, 12:25 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah proposal rahasia dibuat Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) untuk memperingatkan China.

Diberitakan CNN Kamis (4/10/2018), AL merekomendasikan Armada Pasifik melakukan unjuk kekuatan dengan melaksanakan latihan di Laut China Selatan.

Sejumlah pejabat pertahanan AS menuturkan, tujuan latihan itu adalah mendemonstrasikan matra laut AS mampu menghentikan segala bentuk ancaman dari segala medan.

Baca juga: Foto Ungkap Kapal Perang AS Ditempel Ketat Kapal Perang China

Dalam proposal itu, rencananya Armada Pasifik bakal berlatih selama satu pekan pada November nanti di Laut China Selatan dan Selat Taiwan.

Idenya adalah AS bakal menunjukkan hak setiap negara untuk melintas di perairan internasional. Namun, latihan itu berarti armada AS bakal berada dekat dengan pasukan China.

"Kami menekankan tidak berniat untuk terlibat kontak senjata dengan militer China," demikian penjelasan sumber dari pertahanan tersebut.

Sementara mereka menyebut baru sebatas ide, CNN melaporkan terdapat sandi yang bakal disiapkan dalam proposal tersebut.

Juru bicara Pentagon Letnan Kolonel David Eastburn menolak berkomentar soal operasi tersebut. Begitu juga dengan Armada Pasifik.

"Seperti yang berulang kali dikatakan Menteri Pertahanan James Mattis, kami tidak akan berkomentar atas kabar adanya proposal semacam itu," terang Eastburn.

Proposal itu berkembang setelah Strategi Pertahanan Nasional Pentagon berfokus kepada berkembangnya militer China maupun Rusia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.