Kompas.com - 04/10/2018, 10:23 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Surat tulisan tangan dari Albert Einstein tentang pemikirannya terhadap Tuhan, agama, dan pencarian makna akan dilelang di New York, Amerika Serikat.

Nilai yang ditawarkan untuk surat tersebut mencapai 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 22,7 miliar.

Melansir AFP, Rabu (3/10/2018), balai lelang Christie menyatakan, surat tersebut ditulis setahun sebelum ilmuwan fisika itu wafat pada 1955.

Baca juga: Surat Einstein kepada Roosevelt, Kisah Dokumen yang Mengubah Dunia

Surat itu ditulis dalam bahasa Jerman dari Princeton, New Jersey, kepada filsuf Jerman Eric Gutkind.

"Firman Tuhan bagi saya tidak lain hanyalah ekspresi dan produk kelemahan manusia. Alkitab, koleksi yang pantas dimuliakan tapi masih seperti legenda sederhana," tulis fisikawan itu.

"Tidak ada penafsiran, tidak peduli seberapa bijak, yang dapat mengubah apa pun (bagi saya) tentang ini," tulis Einstein.

Surat sepanjang satu setengah halaman itu akan dijual pada 4 Desember mendatang.

Sebelumnya, surat tersebut pernah ditawarkan pada lelang pada 2008 dan dibeli seorang kolektor seharga 404.000 dollar AS.

"Ini merupakan salah satu pernyataan definitif dalam perdebatan agama Vs sains," kata Peter Klarnet, pakar senior buku-buku dan manuskrip balai lelang Christie.

Einstein berasal dari keluarga Yahudi Ashekenazi sekuler dan dipaksa melarikan diri Jerman setelah Adolf Hitler berkuasa. Dalam surat itu, dia juga menyertakan pendapatnya soal Yahudi.

Baca juga: Bukti Ramalan Einstein Seabad Lalu Raih Nobel Fisika 2017

"Bagi saya agama Yahudi yang tidak tercela, seperti semua agama lain, inkarnasi takhayul sederhana," tulis Einstein kepada Gutkind.

Pada Oktober lalu, sebuah catatan yang diberikan Einstein kepada kurir di Tokyo yang menjelaskan secara singkat teorinya tentang hidup bahagia juga terjual dalam lelang di Yerusalem seharga 1,56 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.