Kompas.com - 02/10/2018, 17:49 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah lembaga yang melakukan survei di 25 negara memberi laporan, citra Amerika Serikat (AS) jatuh sejak Donald Trump menjabat sebagai presiden.

Dalam jajak pendapat yang dilaksanakan Pew Research Center, rata-rata responden tidak yakin dengan gaya kepemimpinan presiden 72 tahun itu.

Pew Research Center melaksanakan poling sepanjang Mei hingga Agustus, dengan datanya didasarkan kepada 26.000 responden.

Baca juga: Pidato Trump Ini Bikin Para Pemimpin Dunia di Markas PBB Tertawa

Dilaporkan The Guardian Selasa (2/10/2018), ketidakpercayaan akan kemampuan Trump terlihat di negara yang selama ini menjadi sekutunya.

Di Kanada, hanya 39 persen responden yang yakin dengan kapabilitas Trump. Jauh jika dibandingkan pendahulunya, Barack Obama, yang mencatat 65 persen.

Di Meksiko, Trump hanya mencatat 32 persen. Sementara di Inggris separuh responden masih menaruh kepercayaan kepada Trump.

Di Perancis, 91 persen orang tak percaya dengan presiden ke-45 AS itu. Sementara di Spanyol, hanya tujuh persen yang diwawancara mengaku menyukai Trump.

Straits Times mewartakan, rendahnya citra Trump dikarenakan sejak dia menjabat pada Januari 2017, dia melaksanakan berbagai keputusan kontroversial.

Di antaranya menarik AS dari perjanjian iklim Perancis, perjanjian nuklir Iran yang dibuat di 2015, serta selalu mengkritik sekutu maupun Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Setelah pertemuan G7 di Kanada Juni lalu, Trump menolak untuk menandatangani pernyataan bersama yang dikumandangkan para sekutunya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.