Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Mohamad Kecewa Najib Razak Tidak seperti Ayahnya

Kompas.com - 02/10/2018, 14:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengungkapkan kekecewaannya kepada pendahulunya, Najib Razak.

Diwartakan The Star Selasa Selasa (2/10/2018), Mahathir menyebut Najib berbeda dengan ayahnya, mendiang Perdana Menteri Abdul Razak Hussein.

Baca juga: Mahathir: Najib Razak Bakal Segera Dituntut Pengadilan

Abdul Razak yang menjadi perdana menteri kedua Malaysia, menjabat pada 22 September 1970 hingga meninggal dunia di 14 Januari 1976.

Berbicara selepas kunjungannya ke Inggris, Mahathir mengungkapkan Abdul Razak sangat memperhatikan nasib warga desa, dan pembangunan pedesaan.

Namun, sikap-sikap tersebut tak nampak dalam diri Najib selama dia berkuasa di Negeri "Jiran" pada April 2009 hingga 10 Mei 2018.

Menurut PM berusia 93 tahun itu, perbedaan sikap tersebut terjadi karena pemikiran "uang adalah raja". Dia menyebut jika punya uang, maka seseorang bisa melakukan apa saja.

"Namun sebaliknya. Jika kita tak punya uang, maka kita bisa mempunyai hasrat untuk mencurinya," tegas Mahathir dalam konferensi pers.

Mahathir juga mengaku kecewa dengan pemerintahan yang dijalankan Najib. Dia menyoroti adanya pegawai pemerintah yang juga ikut berkampanye.

Dia membandingkan pegawai pemerintah semasa menjabat di periode pertama antara 1981 hingga 2003. "Pegawai pemerintah berfungsi baik dengan fokus hanya di pemerintahan," tegas dia.

Lebih lanjut, Mahathir menyuarakan keyakinannya akan peluang Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim dalam pemilihan parlemen kota Port Dickson 13 Oktober nanti.

Pemilihan Port Dickson menjadi ajang politik pertama Anwar setelah dia bebas dari penjara pasca-tuduhan sodomi yang diterimanya.

"Jika dia menang, maka secara otomatis dia bakal menjadi anggota parlemen," kata Mahathir yang berjanji bakal memberikan tampuk kekuasaan kepada Anwar setelah dua tahun menjabat.

Baca juga: Mahathir: Dakwaan untuk Menjerat Najib Sedang Disiapkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com