Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di New York, PM Israel Bertemu dengan Sejumlah Pemimpin Negara Arab

Kompas.com - 01/10/2018, 16:41 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harian terbitan Israel Maariv mengungkap pertemuan rahasia antara PM Israel Benyamin Netanyahu dan sejumlah pemimpin negara Arab.

Pertemuan itu digelar di New York, Amerika Serikat di sela-sela Sidang Umum ke-73 PBB. Demikian dikabarkan Middle East Monitor, Senin (1/10/2018).

Jurnalis harian tersebut Yossi Melman mendapatkan informasi tersebut dari Menteri Komunikasi Ayoob Kara.

Baca juga: Netanyahu Kritik Rencana Putin Kirim S-300 ke Suriah

Kara mengatakan, pertemuan tersebut digelar pada Jumat (28/9/2018) dengan beberapa pemimpin negara Arab yang tidak disebutkan namanya.

Salah satu pemimpin negara Arab yang  bertemu Netanyahu adalah Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

Sementara itu, situs berita i24News mengabarkan, dalam pertemuan itu Presiden Al-Sisi mengatakan, bahwa dirinya amat memercayai Netanyahu.

Situs berita Israel itu menambahkan, Netanyahu meminta Presiden Al-Sisi agar menekan Presiden Palestina Mahmoud Abbas terkait masalah di Jalur Gaza.

"Pertemuan antara Netanyahu dan Al-Sisi digelar dalam suasana bersahabat dan kedua pemimpin saling bertukar pandangan tentang berbagai kepentingan bersama," demikian ditulis situs berita tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Mesir mengatakan, diskusi antara Al-Sisi dan Netanyahu merupakan salah satu cara untuk menegaskan proses perdamaian antara Palestina dan Israel.

Sedangkan, harian terbitan Lebanon Al-Akhbar mengutip sejumlah sumber menyebut Al-Sisi menawarkan kepada Netanyahu bahwa Mesir bersedia menjadi tempat negosiasi Israel dan Palestina.

Harian Al-Akhbar menambahkan, dalam pertemuan itu juga dibicarakan permintaan Israel untuk menggelar pertemuan resmi lagi di Kairo dan Sharm El Sheikh dalam waktu dekat.

Pemerintah Israel menganggap hubungan dengan Presiden Al-Sisi adalah yang paling dekat dibanding dengan negara-negara Arab lainnya.

Baca juga: April, al-Sisi Injakkan Kaki Pertama Kali di AS Sejak Jadi Presiden Mesir

Bahkan Israel dan Mesir sudah mencapai level hubungan yang tidak pernah dicapai selama masa pemerintahan para pendahulu Al-Sisi.

Bahkan kordinasi keamanan di antara kedua negara sudah mencapai level yang tak pernah terjadi sebelumnya, terutama terkait Sinai tempat operasi militer menghadapi sejumlah kelompok bersenjata digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com