Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Termahal AS F-35 untuk Pertama Kalinya Jatuh

Kompas.com - 29/09/2018, 11:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN,BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur F-35 yang diklaim program senjata termahal Amerika Serikat (AS) dilaporkan jatuh di Carolina Selatan.

CNN melaporkan pada Jumat (28/9/2018), varian jet tempur F-35B itu jatuh di Beaufort County, dekat Pangkalan Korps Marinir Beaufort.

Korps Marinir dalam keterangan resmi menyatakan pilot berhasil selamat setelah kursi pelontarnya bekerja, dan saat ini tengah diperiksa tim medis.

Baca juga: Jet Tempur Termahal AS F-35 Digunakan dalam Operasi Sungguhan

Pesawat itu berasal dari Skuadron Latih Tempur Marinir 501. "Tidak ada laporan adanya warga sipil cedera," demikian penjelasan Marinir.

Korps melanjutkan, mereka mengaku bahwa ini adalah kali pertama jet tempur itu terjatuh, dan saat ini dilakukan investigasi untuk mencari penyebabnya.

Kabar jatuhnya F-35B terjadi setelah Marinir mengumumkan telah mengerahkan pesawat generasi kelima itu dalam operasi militer sungguhan.

Jet itu dikerahkan bersama pesawat lain dari kapal perang amfibi USS Essex untuk menggempur markas kelompok Taliban di Afghanistan.

Operasi sungguhan itu diumumkan AS empat bulan setelah Israel menyatakan telah menggunakan F-35 dalam serangan udara di suatu kawasan Timur Tengah.

Dikembangkan Lockheed Martin dan pertama kali terbang di 2006, F-35 adalah progrram yang didesain untuk melayani Angkatan Udara, Angkatan laut, dan Marinir AS.

Program yang bakal habis pada 2070 mendatang itu dikatakan termahal karena total Washington harus mengeluarkan dana hingga 1.508 triliun dollar AS.

Selain itu, harga pesawat tersebut 100 juta dollar AS, sekitar Rp 1,4 triliun, per unit sebelum diturunkan jadi 89,2 juta dollar AS, Rp 1,3 triliun, dilaporkan Reuters.

Terdapat tiga varian F-35. A untuk lepas landas secara konvensional, B dengan kemampuan mendarat vertikal, dan C diterbangkan dari kapal induk dengan sistem ketapel.

Pesawat itu menuai kritikan dari sebuah blog militer termuka di 2015. Dikatakan pesawat itu tidak mampu melakukan manuver.

F-35 tidak bisa mengalahkan F-16 Fighting Falcon dalam pertempuran jarak dekat. Pesawat itu juga mempunyai masalah soal keterbatasan pandangan pilot.

Baca juga: Israel Gunakan Jet Tempur Termahal AS F-35 dalam Operasi Sungguhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com